Kehilangan Seseorang ? Lakukan Ini Untuk Mengatasi Kesedihan


Pengalaman kehilangan sosok yang Anda cintai bisa menjadi traumatis karena emosi yang begitu kuat. Selain itu, banyak orang yang menolak untuk melalui proses berduka, yang membuat proses penyesuaian semakin sulit. Setiap orang menghadapi kehilangan dengan cara yang berbeda dan itu normal. Sangat normal untuk merasa seperti Anda bukan diri Anda sendiri setelah kehilangan seseorang yang dekat dengan Anda.

Tahapan Kesedihan dan Kehilangan

Ada tahapan kesedihan dan kehilangan yang dialami oleh orang-orang dari semua latar belakang. Dalam fase ini, 5 fase disebutkan.
Namun, kelimanya tidak muncul secara berurutan. Terkadang orang melewati satu fase dan fase lainnya sebagai cara untuk menghadapi kesedihan. Ini adalah lima tahap kesedihan:

  • Menyangkal dan mengisolasi diri sendiri

Reaksi pertama yang sering terjadi saat mengalami kehilangan orang yang dicintai adalah mengingkari kenyataan. Seringkali orang berpikir ini tidak benar. Ini adalah respons normal terhadap banyak emosi.

  • Marah

Tahap kesedihan lainnya adalah kemarahan atau kemarahan sebagai bentuk ketidaksiapan untuk kehilangan yang begitu tiba-tiba. Kemarahan ini bisa ditujukan pada benda mati, orang asing, teman, bahkan keluarga.

  • Depresi

Saat sedang sedih, ada dua jenis depresi yang bisa muncul. Yang pertama adalah reaksi setelah kehilangan seseorang. Dengan jenis depresi ini, perasaan sedih dan menyesal akan muncul ke permukaan.

  • Penerimaan

Tidak semua orang bisa mengalami tahap ini. Pada fase ini, seseorang menjadi lebih tenang dan lebih tertutup. Itu tidak berarti itu fase bahagia.

Orang yang dicintai yang berada dalam kondisi kritis atau penuaan dapat melalui tahap ini. Pada fase ini adalah normal untuk membatasi interaksi sosial.

Bagaimana cara mengatasi kehilangan dengan cara yang sehat?

Kehilangan seseorang melalui kematian tidak bisa dihindari. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasinya dengan cara yang sehat, yaitu:

Beri waktu untuk berduka

Tidak ada waktu standar bagi setiap individu untuk berduka. Ada juga banyak variabel penentu, seperti usia, lama hubungan, dan jenis kematian.

Pikirkan tentang perannya dalam hidup

Apa yang menghibur Anda ketika Anda kehilangan orang yang Anda cintai adalah kenangan akan peran mereka dalam hidup Anda. Pertimbangkan apa pengaruh terbesarnya yang bermanfaat hingga saat ini.

Melanjutkan warisan

Menjalani hidup dengan mewariskan hal-hal baik yang ditinggalkan oleh orang yang dicintai adalah cara terindah untuk menghormati mereka. Meski telah tiada, bukan berarti warisan yang mereka tanam padam.

Bicara tentang hal-hal baik

Jangan ragu untuk berbicara tentang orang yang Anda cintai, betapa Anda merindukannya dan kenangan indah yang dia miliki tentang dia. Melakukan hal ini juga bisa menenangkan, karena rasanya orang yang meninggalkan kita tetap ada di hati dan pikiran kita.

Tetapi jika kesedihan berlanjut dan bahkan mengganggu hidup Anda, Anda mungkin memerlukan bantuan. Untuk pembahasan lebih lanjut, tanyakan langsung ke dokter.

Mengenal Apa Yang Didapat Dari Sikap Defensive Yuk !


Sikap defensif adalah perilaku dan pikiran ketika menerima kritik dari orang lain. Hal ini sering menyebabkan rasa malu, marah dan sedih. Bukan tidak mungkin, orang dengan sikap seperti itu akan mengadopsi sikap sarkastik. Sikap ini juga dapat mengancam hubungan dengan orang lain, karena potensi konflik cukup tinggi. Orang bisa memperlakukannya dengan tenang atau mengkritiknya lebih tajam.

Sikap defensif

Perilaku defensif dimaksudkan untuk melindungi perasaan dari rasa malu atau takut. Tujuannya adalah untuk mengalihkan perhatian pada kesalahan orang lain. Jadi orang yang membela akan merasa lebih baik tentang diri mereka sendiri pada saat itu.
Dalam jangka pendek, memang benar sikap ini bisa menjadikan orang merasa lebih baik. Namun dalam jangka panjang, ini dapat menyebabkan rasa tidak enak yang lebih dominan.

Ketika seseorang menuding kesalahan orang lain untuk melindungi diri mereka sendiri, itu bisa mengarah pada sikap defensif yang serupa. Artinya, ada lingkaran setan pembelaan diri yang tidak pernah berakhir.
Lebih buruk lagi, ketika siklus ini terjadi, semua orang yang terlibat mungkin tidak mengerti sama sekali apa yang terjadi.

Apa penyebabnya?

Jika Anda merasa seperti diri sendiri, sering-seringlah bersikap defensif. Orang dengan trauma masa lalu, seperti diintimidasi saat kecil, dapat tumbuh menjadi pengganggu terhadap orang lain. Tujuannya adalah untuk merasa lebih kuat pada saat itu dengan menciptakan ilusi keamanan. Selain itu, perilaku defensif juga dapat terjadi karena seseorang mengamati perilaku lingkungannya. Misalnya dengan mengamati apa yang dilakukan orang tua, pasangan, saudara kandung, dan sebagainya. Secara umum, sikap defensif biasanya merupakan akibat dari penyebab psikososial, bukan dari genetik.

Bagaimana menghadapinya?

Ada beberapa strategi yang dapat digunakan untuk mengurangi atau menghindari sikap defensif. Langkah pertama adalah menyadari sikap ini. Anda dapat menuliskan perasaan Anda setiap malam dan melihat situasi apa yang memicunya.

Jangan lupa untuk memvalidasi perasaan Anda ketika Anda dikritik. Berdasarkan rasa sakit, takut, malu dan sejenisnya. Tidak apa-apa untuk merasa seperti itu, karena itu wajar. Karena itu, tidak perlu merasa seperti orang jahat.

Dengan cara ini, seseorang bisa lebih jujur ​​dan tidak menyembunyikan perasaannya. Hal ini dapat mempertajam empati kepada orang lain sehingga mereka mengakui apa yang dikritik orang lain. Yang tidak kalah penting, jika ada aspek kehidupan yang sering membuat Anda defensif, cobalah untuk memperbaikinya.

Ketika harga diri meningkat, Anda secara otomatis mendapatkan kepercayaan diri. Tanyakan langsung ke dokter untuk membahas lebih lanjut kapan postur defensif ini membutuhkan terapi khusus

Ternyata Ini Efek Dan Cara Menghilangkan Pengaruh Dari Kopi


Bagi yang suka minum kopi, pasti akan mengalami kesulitan untuk tidur. Tentunya ini bisa berdampak buruk nagi kegiatan Anda di esok hari. Bagi Anda yang ingin terus minum kopi, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara menghilangkan efek kopi agar kualitas tidur Anda tetap terjaga.

Efek Setelah Minum Kopi

Kopi adalah minuman yang diseduh dari biji kopi yang kaya akan kafein. Kafein adalah senyawa psikoaktif alami yang ditemukan di banyak tanaman, seperti biji kopi, kakao, daun teh, dan kacang kola. Setelah minum kopi atau minuman berkafein, ada beberapa efek yang bisa Anda rasakan, yaitu:

Peningkatan Energi

Kafein dikenal dapat meningkatkan kewaspadaan dan memberikan energi. Setelah minum kopi, kafein diserap dan didistribusikan ke seluruh tubuh, termasuk ke otak melalui pembuluh darah. Di otak, kafein memblokir reseptor adenosin. Adenosin adalah hormon yang membuat Anda mengantuk dan ingin segera tidur.

Menjadi Sulit Tidur

Sebuah studi dalam jurnal kesehatan juga menyatakan bahwa kafein bisa membuat jantung kita berpacu lebih cepat atau sering disebut dengan ritme sirkadian. Ritme ini merupakan pola fisiologis tubuh selama periode 24 jam, seperti kebiasaan dari tidur dan bangun.

Sering Buang Air Kecil

Konsumsi kopi yang rutin juga bisa menyebabkan Anda akan merasa sering ingin membuang air kecil. Hal ini karena efek yang ada pada kafein membuat tubuh memproduksi lebih banyak urin. Dalam dosis tinggi, kafein memiliki efek diuretik yang dapat mempengaruhi ginjal.

Efek Lainnya

Minum terlalu banyak kopi juga diketahui menyebabkan beberapa efek samping lain seperti peningkatan detak jantung, pusing, gugup dan gemetar.

Menghilangkan Efek Dari Kopi

Bagi sebagian orang, manfaat kopi tidak hanya membantu menjalani hari, tetapi menjadikan bagian dari gaya hidup dan bahkan mengonsumsinya di tempat kerja. Ini lah cara untuk menghilangkannya :

Minum Kopi Sebelum Tengah Hari

Karena efek kafein bisa bertahan selama 4-6 jam setelah diserap tubuh, Anda bisa mencoba minum kopi lebih awal agar tidur Anda tidak terganggu. Anda dapat minum kopi di pagi hari atau memberikan rencana waktu tidur pukul 8-10 pagi.

Minum Kopi Habis Makan

Efek samping kopi dan kafein juga dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti refluks asam. Jadi, jangan minum kopi saat perut kosong. Hal ini dapat membuat perut Anda tidak nyaman dan bahkan meningkatkan risiko penyakit perut.

Minum Air Yang Cukup

Air putih memiliki peran yang penting untuk menetralisir efek dari kafein pada kopi. Pasalnya, efek kafein bisa meningkat saat tubuh mengalami dehidrasi atau dehidrasi. Oleh karena itu, meningkatkan hidrasi tubuh bisa menjadi cara cepat untuk menghilangkan efek kopi agar tidur Anda tidak terganggu.

Buaya dan Aligator Tidak Sama Loh ! Ini Perbedaannya


Anda pasti sudah sering melihat hewan bergigi tajam ini, baik di televisi maupun di kehidupan nyata. Buaya (crocodile), merupakan salah satu predator daging di darat dan air. Namun, tahukah Anda perbedaan aligator dan buaya? Mungkin sebagian besar dari Anda menganggapnya sama, tetapi ada beberapa perbedaan yang membuatnya unik.

Perbedaan Aligator dan Buaya

Bahkan tidak sedikit yang masih menganggap bahwa aligator hanyalah nama lain dari buaya. Ini sebenarnya berbeda. Walaupun kedua hewan ini sangat mirip, namun jika diperhatikan lebih dekat, keduanya memiliki beberapa perbedaan baik dalam perilaku maupun bentuk fisiknya. Mari kita lihat perbedaan antara buaya dan aligator:

Susunan gigi yang berbeda

Lihat saja, perbedaannya ada pada bentuk giginya, terutama saat mulutnya tertutup. Buaya tidak memiliki gigi yang terlihat ketika mereka menutup mulutnya. Pada buaya, ketika mereka menutup mulutnya, bagian bawah giginya (biasanya berjumlah empat) akan terlihat ketika buaya menutup mulutnya.

Ukuran tubuhnya juga berbeda

Selain gigi, ada perbedaan lain dalam ukuran tubuh. Untuk buaya dewasa, panjang tubuhnya hanya bisa mencapai empat meter. Sedangkan ukuran tubuh buaya bisa melebihi lima meter. Wow, seberapa besar buaya ini.

Bentuk moncongnya

Perbedaan aligator dan buaya terletak pada bentuk moncongnya. Jika diperhatikan lebih dekat, bentuk moncong keduanya sedikit berbeda. Bentuk moncong buaya menyerupai huruf V dan lebih sempit dari pada buaya berbentuk U dan lebih lebar.

Warnanya tidak sama

Warna kulit mereka juga berbeda. Jika buaya biasanya memiliki kulit berwarna coklat muda yang agak terang atau memiliki warna zaitun. Sedangkan aligator biasanya memiliki kulit berwarna abu-abu yang sebagian besar berwarna hitam biasanya tergantung dari habitat aligator itu sendiri.

Gerakan buaya biasanya lebih cepat

Meski keduanya bisa bergerak cepat saat berlari di darat, ada perbedaan di antara keduanya. Buaya dapat bergerak dengan kecepatan maksimum 18 km/jam. Sedangkan buaya hanya bisa mencapai 14 km/jam.

Aligator tidak hanya unggul di darat, tetapi mereka juga unggul dalam berenang di air dengan kecepatan hingga 20 mph. Sedangkan buaya hanya bisa berenang dengan kecepatan hingga 15 km/jam.

Buaya cenderung lebih agresif

Buaya jauh lebih temperamental daripada buaya. Buaya juga memiliki sikap sering menyerang orang, meskipun tidak diganggu atau diprovokasi. Berbeda dengan aligator yang biasanya kembali ke air saat melihat manusia muncul.

Hentikan! Jangan Lagi Mengisi Daya Ponselmu Pada Laptop


Tahukah Anda bahwa kebiasaan mengisi daya smartphone di laptop dapat merusak kualitas  laptop dan smartphone yang di-charge? Hal ini jarang terpikirkan oleh pengguna laptop baru. Apalagi saat bermain game online, yang terpenting bagi mereka adalah handphone yang terisi daya. Padahal pengisian daya smartphone di laptop ini menimbulkan bahaya yang mematikan bagi laptop atau smartphone. Mengisi daya ponsel dengan laptop memang mungkin atau bahkan alami. Namun, jika hal ini dilakukan terus menerus dengan intensitas yang cukup tinggi, Anda berisiko menyebabkan kerusakan dan menurunkan kualitas laptop Anda. Berikut simak penjelasan dibawah jni mengapa berbahaya:

Ponsel bisa cepat rusak

Walaupun Anda bisa mengisi baterai ponsel Anda di laptop, namun dayanya tentu tidak kuat. Ini memungkinkan ponsel untuk mengisi daya lebih lama dan bisa menyebabkan baterai ponsel menjadi bocor. Dampak yang harus Anda terima selain penurunan kualitas laptop adalah baterai ponsel rusak dan sulit untuk diisi. Akibatnya, Anda perlu membeli baterai baru untuk ponsel Anda.

Baterai laptop dan ponsel cepat rusak

Demikian juga, bank daya baterai laptop dan baterai ponsel juga memiliki siklus hidup. Terlalu sering menggunakan laptop saat mengisi daya ponsel dengan laptop yang Anda gunakan akan cepat merusak dan menguras baterai laptop Anda dan baterai ponsel. Hal ini karena baterai laptop digunakan untuk mengisi daya ponsel dan digunakan untuk aktivitas laptop. Jadi, Anda harus mengisi daya laptop. Semakin sering laptop di-charge, semakin cepat siklus hidup laptop semakin berkurang. Mengisi daya ponsel dengan laptop boleh saja, tetapi jangan terlalu sering, hanya untuk keadaan darurat. Ingatlah untuk mengunci atau mematikan telepon saat mengisi daya untuk meminimalkan kerusakan baterai.

Jangan mengisi daya ponsel Anda jika laptop memiliki suhu tinggi atau cukup hangat. Hal ini akan sangat berbahaya bagi kualitas dan performa laptop. Tidak menutup kemungkinan juga bisa membahayakan ponsel Anda. Sudah banyak kasus dimana baterai ponsel akan menjadi semakin cepat habis setelah di charge pada laptop. Ponsel Anda pun juga akan terasa sangat panas setelah mengisi daya di laptop.

Mengenal Penggunaan Dari Kamera Pengawas CCTV

Di masa lalu, penggunaan CCTV nirkabel murah biasanya tersedia terbatas pada tempat umum di pojokan dan tempat yang perlu keamanan lebih ketat, seperti pusat perbelanjaan atau ATM. Namun, sekarang sudah banyak yang menggunakannya di rumah sendiri dengan tujuan untuk menghindari tindak kejahatan seperti maling atau hal lainnya. Tidak hanya diluar rumah, biasanya ada juga yang memasang CCTV didalam rumah.

Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah memiliki CCTV di rumah Anda  sendiri? Jadi ada baiknya untuk mempertimbangkan terlebih dahulu poin-poin berikut:

Kawasan perumahan

Rumah di daerah rawan kejahatan dan tanpa sistem keamanan yang memadai membutuhkan pengawasan CCTV lebih banyak daripada rumah di daerah elit. Karena CCTV dapat berperan sebagai pendamping bagi orang-orang yang berjalan di sekitar rumah. Sehingga Anda dan warga sekitar dapat lebih waspada jika sewaktu-waktu menemukan orang yang mencurigakan di area tersebut.

Tujuan Memasang CCTV

Apa sebenarnya tujuan Anda memasang CCTV di rumah? Apakah untuk mengawasi setiap orang yang memasuki area rumah dan mengawasi pergerakannya? Atau untuk keperluan lain? Misalnya, bagi Anda yang memiliki anak dan mempekerjakan seorang pengasuh untuk menjaga anak Anda, CCTV penting untuk memantau cara kerja pengasuh tersebut. Tidak hanya itu, saat ini juga banyak kamera pengintai yang dapat digunakan untuk saling berkomunikasi melalui internet. Ini memudahkan Anda untuk menghubungi anak Anda.

Resiko Dari Memasang CCTV

Tentu saja, segala sesuatu memiliki manfaat dan risiko. Memang penggunaan CCTV dapat membawa manfaat berupa pengawasan terhadap area yang terekam. Namun, banyak juga kasus pelanggaran privasi yang terjadi akibat CCTV. Apalagi jika Anda tinggal di lingkungan dengan rumah yang berdekatan. Terkadang jangkauan kamera terlalu lebar hingga mengganggu orang-orang di sekitar Anda karena mereka juga sedang diawasi.

Jika Anda masih merasa perlu CCTV, tidak apa-apa untuk menginstalnya. Namun pastikan Anda tidak menggunakannya untuk hal-hal yang tidak pantas dan sangat mengganggu warga sekitar. Karena banyak juga orang yang menggunakan CCTV untuk hal – hal tertentu yang merugikan.

Ingin Menggunakan Mesin Cuci Secara Hemat ? Ikuti Caranya


Bagaimana cara menggunakan mesin cuci untuk menghemat listrik dan air? Selain itu, penggunaan listrik dan air yang berlebihan dapat berdampak negatif terhadap lingkungan bahkan mengganggu kelangsungan hidup generasi mendatang. Tidak hanya itu, penggunaan listrik dan air yang berlebihan juga dapat berdampak negatif pada keuangan keluarga.

Dari sekian banyak barang elektronik rumah tangga yang banyak mengkonsumsi daya dan air, mesin cuci adalah satu-satunya. Jadi jika Anda dapat menggunakan mesin cuci Anda dengan baik, Anda dapat menghemat listrik dan air. Nah, jika Anda belum tahu cara menggunakan mesin cuci dengan benar, Anda bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini:

Pilih jenis mesin cuci yang terbukti hemat listrik dan air

Saat ingin membeli mesin cuci, pilihlah jenis mesin cuci yang sudah terbukti hemat air dan listrik yaitu mesin cuci yang didesain dengan daya rendah. Selain itu, setiap jenis mesin cuci tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, baik mesin cuci front loading maupun top loading. Mesin cuci top loading, misalnya, lebih murah dan hemat listrik dan air. Namun secara desain, tingkat kenyamanan saat menggunakan mesin cuci, mesin cuci tipe bukaan depan lebih unggul.

Kurangi volume pencucian

Untuk menghemat listrik, Anda bisa mengurangi jumlah pakaian yang Anda cuci per hari. Menghemat tidak hanya listrik, tetapi juga deterjen dan air. Disarankan untuk mencuci pakaian seminggu sekali. Namun Anda harus memastikan bahwa Anda tidak memasukkan terlalu banyak pakaian ke dalam mesin cuci, agar hasil pencuciannya maksimal. Ingat juga untuk menyesuaikan jenis deterjen yang digunakan, jenis mesin cuci harus sama, mesin cuci front loading sebaiknya menggunakan jenis pembersih bermerk.

Atur suhu dan durasi mesin cuci

Sekalipun mesin cuci Anda bukan jenis mesin cuci yang hemat listrik dan air, Anda tetap bisa menghemat uang dengan mengatur suhu dan durasi mesin cuci dengan benar. Jika pakaian tidak terlalu kotor, Anda dapat mempersingkat suhu dan durasinya.

Nah bagi kalian yang ingin menghemat listrik dari pencucian baju, bisa lakukan cara seperti yg sudah di bahas di atas.

Mengenal Peribahasa Insecure Yang Sering Dipakai

Insecure, berasal dari bahasa Inggris yang benar-benar tidak aman. Ada banyak hal yang bisa membuat seseorang insecure, baik dari luar maupun dari dalam. Cara yang tepat untuk menghadapi insecure. Insecure dapat mencegah seseorang mengembangkan potensi penuhnya.

Perasaan insecure ini juga dapat membuat seseorang mengalami gangguan psikologis seperti kecemasan, depresi, gangguan makan dan kelelahan kronis. Dalam hubungan dengan pasangan, perasaan insecure yang berkepanjangan akan membuat hubungan menjadi membosankan dan cemburu.

Jika Anda memiliki rasa insecure yang berlebihan, gunakan cara-cara berikut untuk menghindari efek buruk dari kebiasaan ini:

Cobalah untuk tetap positif

Cobalah untuk tetap positif tentang apa yang terjadi dalam hidup Anda. Dengan begitu, Anda bisa melindungi diri dari perasaan negatif, seperti khawatir, bersalah, dan takut, yang bisa menguras energi Anda.

Berhenti menyalahkan diri sendiri

Ingatlah bahwa Anda tidak sendirian dalam melakukan kesalahan. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan.

Jadi, jika Anda masih berpikir, “Saya selalu main-main,” ubah pemikiran itu menjadi sesuatu yang lebih realistis, seperti, “Terkadang saya membuat kesalahan, tetapi saya selalu belajar darinya.”

Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain bukanlah cara yang tepat untuk mengoreksi diri sendiri. Ini akan membuat Anda merasa rendah diri dan tidak percaya diri. Nah, di tengah maraknya penggunaan media sosial seperti sekarang ini, kita bisa melihat banyak hal terjadi dalam kehidupan orang lain. Entah bagaimana, apa yang kita lihat di media sosial seringkali terlihat sangat bagus. Sulit untuk tidak membandingkannya dengan apa yang kita miliki? Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi penggunaan media sosial agar Anda tidak fokus pada kehidupan orang lain dan tidak membandingkan diri sendiri.

Selain itu, biasakan untuk selalu mensyukuri segala yang dimiliki agar perilaku dan pikiran menjadi lebih positif. Percayalah bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Hindari orang yang membuatmu insecure

Teman atau pasangan yang toxic sering kali melontarkan komentar negatif yang tidak membangun. Sekalipun alasannya adalah “demi kebaikan Anda sendiri” dan bukannya mendorong, komentar-komentar ini dapat membuat Anda merasa insecure.

Mulai sekarang, hindari orang yang menunjukkan perilaku ini. Temukan lingkungan yang ramah yang dapat mendukung Anda dan memberi Anda respons positif dan konstruktif.

Ikan Matahari Yang Sangat Besar Ternyata Bersahabat


Mengingat bentuk fisiknya yang aneh dan tidak biasa, mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui jenis ikan apa ini. Ia hanya terdiri dari kepala dan ternyata tanpa badan dan ekor, yang membuat setiap orang yang melihatnya semakin penasaran.

Foto di atas adalah penampakan angelfish atau lebih dikenal dengan angelfish di Indonesia. Ikan jenis ini memiliki tubuh rata, warna abu-abu, mulut kecil dan terlihat seperti kepala ikan tanpa tubuh. Memiliki bentuk tubuh yang rata bukan berarti ikan ini merupakan ikan yang dapat berenang dengan cepat, sebaliknya ikan ini dikenal sebagai ikan yang sangat lambat.

Karakteristik Ikan Matahari

Meskipun dikenal sebagai ikan lambat, angelfish adalah ikan petualangan yang hebat dan dapat bermigrasi jarak jauh. Angelfish dewasa dapat tumbuh hingga panjang 4,2 m dan berat lebih dari 1 ton. Ikan matahari adalah salah satu ikan petualangan terberat di dunia.

Ikan matahari memiliki ukuran mulut yang kecil dan tidak sesuai dengan ukuran tubuh yang dapat tumbuh seperti ikan raksasa. Oleh karena itu, makanan ikan ini berupa ikan laut kecil, cumi-cumi dan berbagai makhluk laut kecil lainnya.

Ada kebiasaan unik dari angelfish, yaitu ikan ini memiliki kebiasaan berada di permukaan laut dan tampak berjemur. Karena kebiasaan ini, angelfish sering tertangkap di jaring ikan untuk mencari ikan.

Ikan matahari ditemukan di hampir semua perairan laut di dunia dan tidak terkecuali di Indonesia. Bahkan beberapa waktu lalu, ikan ini ditemukan terdampar di perairan Pantai Taman Ria, Teluk Palu, Sulawesi Tengah.

Ikan ini tidak berbahaya dan sangat bersauabat dengan manusia. Meskipun ukurannya jauh lebih besar beberapa kali lipat dari manusia, tidak pernah ada kasus ikan matahari menyerang manusia. Bagi kalian yang ingin merasakan bertemu atau berhadapan dengan ikan ini, bisa mengunjungi Bali atau daerah Sulawesi sana.

Namun untuk melihat ikan ini, butuh perlengkapan diving yang lengkap karena ikan ini berada cukup dalam di laut. Namun bagi kalian yang memiliki nafas cukup panjang, bisa saja menyelam tanpa menggunakan perlengkapan.