Berbagai Manfaat Dari Mengelus Perut Ibu Hamil


Ada banyak cara yang bisa dilakukan calon ayah selama hamil. Salah satunya sering mengelus perut dari ibu hamil. Meski terlihat sederhana, aktivitas yang baik ini memiliki banyak manfaat baik bagi ibu maupun bayi.

Manfaat pria mengelus perut dari ibu hamil

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan pria dari membelai perut ibu hamil:

Meningkatkan bonding dengan buah hati

Manfaat utama pria mengelus perut dari ibu hamil adalah untuk mempererat bonding atau ikatan batin antara ayah dan anak. Untuk bisa dekat dengan anak, seorang ayah bisa melakukannya saat bayi masih dalam kandungan. Dengan ini, saat si kecil lahir ke dunia, rasa kaget dan sakitnya pasti bisa berkurang banyak.

Dengan mengelus perut wanita, pria bisa merasakan gerakan bayi dalam kandungan. Padahal, kegiatan ini bisa menjadi arena bermain bagi para ayah dan calon anak.

Misalnya, coba tebak bagian mana dari tubuh bayi yang bisa menyentuh telapak tangan ayah, seperti kaki, lutut, kepala, dan bahkan bokong bayi. Bayi biasanya merespon sentuhan dengan tendangan atau pukulan di area perut ibu yang disentuh ayah.

Tambahkan Stimulasi Bayi

Mengelus perut dari ibu hamil juga bisa merangsang bayi. Saat perut dibelai, bayi akan merasakan sentuhan ini dan merespon dengan menggerakkan tangan atau kakinya.

Membuat Ibu Lebih Santai

Keuntungan pria yang kemudian mengelus perut dari ibu hamil adalah ibu hamil merasa lebih rileks, apalagi dikombinasi dengan pijatan lembut.

Pasangan bisa menggunakan minyak pijat atau lotion untuk membuat mood lebih rileks dan melembabkan kulit ibu. Sambil membelai dan memijat, pria juga bisa berbicara dengan ibu dan janinnya. Dengan cara ini calon ayah membangun ikatan yang lebih dekat sebagai sebuah keluarga.

Menciptakan lingkungan yang sehat untuk pola pikir ibu

Kondisi mental ibu hamil dapat berdampak besar pada bayi. Saat ibu hamil merasa stres, detak jantung bayi juga bisa meningkat. Dengan seorang pria membelai perut wanita hamil sambil memberikan pijatan lembut, stres ini bisa dikurangi.

Membuat bayi siap dengan kondisi lingkungan

Seperti bernyanyi dan berbicara dengan janin, membelai perut ibu hamil juga akan membantu bayi terkena kondisi di luar kandungan. Hal ini akan membuatnya terbiasa dan lebih siap untuk beradaptasi dengan lingkungan setelah ia lahir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *