Berbagai Penyebab Yang Membuat Flek Hitam Bibir


Munculnya flek hitam pada bibir bisa membuat penampilan Anda terlihat kusam dan tidak maksimal. Kondisi ini bahkan bisa menurunkan rasa percaya diri dan membuat Anda cemas. Apa penyebabnya dan bagaimana cara menghilangkan flek hitam di bibir?

Penyebab flek hitam di bibir

Singkatnya, flek hitam di bibir merupakan kondisi yang tidak perlu Anda khawatirkan. Namun, ada kasus flek hitam di bibir yang perlu ditangani oleh dokter. Inilah penyebab flek hitam di bibir yang perlu Anda ketahui lebih lanjut.

Reaksi alergi

Salah satu penyebab flek hitam di bibir yang tiba-tiba Anda alami bisa jadi karena reaksi alergi. Apalagi jika Anda baru menggunakan produk baru, seperti lipstik atau lip balm yang sudah kadaluarsa, kosmetik dan pasta gigi.

Selain itu, pewarna rambut yang digunakan pada rambut wajah dan teh hijau yang mengandung nikel juga dapat menyebabkan flek hitam pada bibir. Reaksi alergi ini juga dikenal sebagai cheilitis pigmen kontak. Untuk mengatasinya, pastikan untuk berhenti menggunakan produk apa pun yang diduga menyebabkan flek hitam pada bibir.

Hiperpigmentasi

Penyebab flek hitam di bibir selanjutnya adalah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi, juga disebut melasma, adalah kondisi kulit yang berubah warna menjadi coklat dan abu-abu. Selain flek hitam di bibir, hiperpigmentasi juga bisa terjadi di area kulit wajah, seperti dahi, tulang hidung bagian atas, dahi, dan dagu.

Anda juga mungkin mengalami hiperpigmentasi di area tubuh Anda yang sering terkena sinar matahari. Misalnya bahu dan siku. Melasma lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Faktor hormonal memainkan peran utama dalam perkembangan melasma, terutama pada wanita yang sedang hamil.

Bintik Matahari

Jika bintik hitam Anda disertai dengan kulit bersisik atau berkerak, Anda mungkin memiliki bintik matahari atau keratosis aktinik.

Meski sering muncul di area wajah dan tubuh yang sering terpapar sinar matahari, seperti telinga, leher, tangan, siku, dan kulit kepala, kemunculan di bibir tidak bisa dihindari. Keratosis bahkan dianggap sebagai gejala awal kanker. Karena itu, jika Anda menduga penyebab bintik hitam di bibir adalah keratosis, segera konsultasikan ke dokter.

Pasalnya, tidak semua keratosis aktif dan berpotensi menjadi kanker, sehingga tidak perlu diangkat. Munculnya flek hitam di bibir sebenarnya bukan kondisi yang perlu dikhawatirkan. Namun, perlu diketahui penyebabnya agar Anda bisa menentukan cara yang tepat untuk menghilangkan flek hitam di bibir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *