Berbagai Perubahan Fisik Yang Terlihat Pada Lansia


Proses penuaan tidak bisa dihindari. Secara umum, akan ada beberapa perubahan fisik seiring bertambahnya usia. Tidak hanya uban atau kulit keriput, banyak perubahan fisik yang bisa dialami oleh para lansia. Mulai dari pandangan kabur, tulang yang semakin rapuh, hingga jantung yang bekerja lebih keras, inilah perubahan fisik pada lansia yang tidak boleh dianggap remeh.

Perubahan fisik pada lansia

Jantung bekerja lebih keras

Jantung akan bekerja lebih keras seiring bertambahnya usia. Ini karena pembuluh darah menjadi kaku, memaksa jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan menyebabkan berbagai masalah jantung.

Untuk mengatasi perubahan fisik yang dialami lansia, Anda harus tetap aktif menggerakkan tubuh. Jalan kaki, jogging, atau berenang adalah beberapa aktivitas yang bisa Anda coba untuk menjaga berat badan dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, makanlah makanan sehat, seperti buah-buahan, biji-bijian, dan sayuran, untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Ingatlah untuk menghindari stres dan tidur yang cukup (7-8 jam sehari) agar pembuluh darah tetap sehat.

Penglihatan kabur

Seiring bertambahnya usia, Anda akan kesulitan melihat objek dari dekat. Anda juga membutuhkan kacamata untuk membaca. Selain itu, mata Anda akan lebih sulit menyesuaikan diri dengan perubahan cahaya yang tiba-tiba.

Untuk memastikan perubahan fisik ini tidak memburuk pada orang tua, temui dokter Anda secara teratur dan kenakan kacamata hitam saat Anda bepergian.

Gangguan pendengaran

Kemampuan Anda untuk mendengar juga akan menurun seiring bertambahnya usia. Jadi jangan heran jika Anda kesulitan mendengar percakapan di tempat ramai. Oleh karena itu, cobalah untuk memeriksa kesehatan pendengaran Anda secara teratur dan gunakan penutup telinga untuk menghalangi kebisingan.

Gigi dan Gusi

Saat Anda membuka mulut di depan cermin, Anda mungkin memperhatikan bahwa gusi Anda terlihat seperti lepas dari gigi Anda. Selain itu, obat alergi, asma, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan mulut kering.

Ini menempatkan gusi dan gigi pada risiko infeksi dan pembusukan yang lebih besar. Untuk memastikan perubahan fisik tidak menjadi lebih buruk pada orang tua, temui dokter Anda secara teratur tentang kesehatan mulut Anda.

Ingatlah untuk selalu menyikat gigi dua kali sehari dan menghilangkan partikel makanan dari sela-sela gigi Anda dengan benang gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *