Cara Agar Tidak Menjadi Seseorang Yang Pemalu


Malu dipandang sebagai sesuatu yang manusiawi. Namun, jika perasaan tersebut dilebih-lebihkan, berbagai aspek kehidupan bisa terganggu, seperti karir, kesehatan, pertemanan. Nah, bagaimana cara menghilangkan rasa malu?

Bagaimana cara menghilangkan rasa malu yang dianggap efektif?

Rasa malu diyakini menutup banyak kesempatan dalam hidup. Karena perasaan ini bisa membuat seseorang menghindari situasi publik untuk berbicara dengan orang lain.
Kabar baiknya adalah rasa malu bisa diatasi. Berikut beberapa cara agar tidak malu dan percaya diri yang bisa diterapkan pada anak-anak atau orang dewasa.

Latih diri Anda untuk tersenyum

Ternyata tersenyum dianggap sebagai salah satu cara paling efektif untuk mengurangi rasa malu, terutama pada anak-anak. Pasalnya, tersenyum dapat memberikan pengaruh yang baik pada suasana hati Anda.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di situs American Psychological Association, tersenyum dapat membantu anak-anak mengatasi rasa malu dan kecemasan sosial dalam situasi menakutkan.

Bicara dengan teman

Bagi seseorang yang pemalu, ini bisa menakutkan. Namun, cobalah untuk menemukan teman baik yang dapat Anda percayai dan ajak bicara.

Temukan sumber rasa malunya

Anda dapat mengubah rasa malu Anda menjadi keberanian dengan mengidentifikasi sumber rasa malu Anda.

Setelah Anda tahu apa yang menyebabkan rasa malu Anda, akan lebih mudah untuk menemukan solusi.

Misalnya, ada momen traumatis yang membuat Anda malu. Cobalah untuk melupakan momen itu dan pelajari apa yang Anda lakukan salah pada saat itu.

Praktek Keterampilan Sosial

Salah satu penyebab anak pemalu untuk diatasi adalah kurangnya keterampilan sosial. Untuk mengatasinya, orang tua perlu lebih rajin mengajak mereka berkomunikasi.

Jika anak Anda belum siap untuk mempraktikkan keterampilan sosialnya di masyarakat, ajak dia untuk berlatih di rumah. Jadikan orang tua sebagai mitra diskusi.

Ketika anak Anda merasa nyaman dan siap, Anda dapat “menguji” dia di masyarakat. Cara melatih mental anak menjadi berani ini dinilai efektif dalam meningkatkan rasa percaya diri anak.

Cara mengubah rasa malu menjadi keberanian ini juga bisa diterapkan pada anak-anak, agar mereka menjadi lebih semangat dalam mengatasi rasa malunya.

Harga tidak hanya berupa bahan. Makan di restoran favorit Anda, menonton film di bioskop atau pergi ke mal bisa menjadi hadiah yang berarti untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *