Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Suara Serak


Suara serak adalah kondisi yang menjengkelkan, seringkali akibat radang tenggorokan atau radang pita suara. Penyakit ini menyebabkan radang laring, karena iritasi atau infeksi. Bagaimana cara menghilangkan suara serak tersebut? Bahkan, dengan beberapa langkah sederhana, Anda bisa mengembalikan suara yang semula serak. Bahkan, Anda bahkan tidak perlu obat jika Anda serak.

Cara menghilangkan suara serak secara alami

Satu hal yang perlu diingat, suara serak bukanlah penyakit, itu adalah gejala dari beberapa kondisi kesehatan. Meskipun suara serak adalah kondisi medis yang sering diabaikan, bukan berarti Anda bisa “mengendurkannya”. Jadi, kenali sembilan cara ini untuk membuat suara Anda tidak serak:

Gunakan suara pelan

Penggunaan suara yang berlebihan dapat menyebabkan kotak suara membengkak dan menjadi iritasi. Pita suara perlu istirahat untuk sembuh. Oleh karena itu, hindari penggunaan suara yang berlebihan, apalagi berteriak. Perlu diingat bahwa bernyanyi juga dapat memperburuk kondisi ini.

Berhenti Merokok

Cara kedua agar suara Anda tidak serak adalah dengan berhenti merokok. Merokok, baik itu rokok tembakau atau rokok elektrik, adalah semua yang Anda butuhkan untuk menghentikan suara Anda.

Merokok dapat mengiritasi tenggorokan, menyebabkan batuk dan memperlambat proses penyembuhan. Hal ini juga berlaku untuk perokok pasif. Segera hindari asap rokok yang ada di sekitar Anda.

Minum air secara teratur

Air bisa disebut “obat” untuk banyak penyakit. Buktinya, mengonsumsi air putih secara rutin dianggap sebagai cara ampuh mengatasi suara serak. Air dapat menjaga tenggorokan tetap terhidrasi, mengeluarkan dahak dan membersihkan dahak.

Selain air putih, cobalah teh hangat dan sup untuk mengobati suara serak. Jika suara Anda serak, selalu hindari minuman berkafein. Karena kafein dapat menyebabkan dehidrasi.

Pertahankan kelembapan

Menghirup udara kering dapat mengiritasi tenggorokan dan akhirnya menyebabkan radang pita suara. Memasang pelembab udara atau humidifier dapat membantu membersihkan lendir dari tenggorokan Anda.
Jika Anda tidak memilikinya, cukup duduk di kamar mandi dan nyalakan air hangat yang mengalir dan hirup uap yang keluar. Uap panas dapat menenangkan tenggorokan dan membantu menghilangkan suara serak.

Permen pelega tenggorokan

Permen pelega tenggorokan dapat melembapkan tenggorokan, meredakan nyeri dan mengurangi batuk. Pilih pelega tenggorokan yang mengandung bahan alami, seperti madu atau teh hijau.

Jika suara serak tetap ada meskipun cara-cara menghilangkan suara serak di atas sudah dilakukan, periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Bisa jadi, ada penyakit lain yang menyebabkan Anda memiliki suara serak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *