Cara Memasak Daun Pepaya Agar Tidak Pahit


Dari sekian banyak masakan sayuran di Indonesia, daun pepaya menjadi pilihan yang menarik. Namun, olahan daun pepaya seringkali menantang karena rasanya yang pahit. Itulah mengapa terkadang kita memilih untuk tidak menggunakan daun pepaya yang kaya akan nutrisi.

Dari segi nutrisi, ada vitamin A, B1, C, serta protein dan kalsium. Untuk menyiasati keraguan tersebut, ada beberapa cara mengolah daun pepaya agar tidak terlalu pahit untuk dicoba sendiri.

Cara Mengolah Daun Pepaya Agar Tidak Pahit

Persiapkan dengan memilih menu yang tepat dan belanja bahan-bahan segar. Kemudian gunakan beberapa bahan yang mudah ditemukan, mulai dari garam hingga asam jawa. Jika berhasil, resep daun pepaya lain lebih baik.

Peras Dengan Garam

Gunakan garam sebagai kunci untuk menetralkan rasa pahit. Caranya tidak terlalu sulit, cukup peras daun pepaya dengan garam secukupnya.

Peras daun pepaya secara perlahan agar teksturnya tidak hancur. Biarkan selama sekitar lima menit agar garam meresap. Gunakan daun pepaya dalam banyak masakan Manado atau kari daun pepaya Padang yang lezat.

Menggunakan Kapur Sirih

Selain garam, kapur sirih juga bisa menjadi bagian dari pengolahan daun pepaya agar tidak menjadi pahit. Betellimoen tidak mudah ditemukan, tetapi kita bisa mendapatkannya di pasar tradisional. Harganya juga terjangkau.

Penggunaannya tidak berbeda dengan garam. Peras daun pepaya dengan kapur sirih hati-hati jangan sampai daunnya hancur. Tunggu sekitar lima menit hingga daun pepaya berpindah ke resep selanjutnya.

Memasak Dengan Asam Jawa

Dua buah asam jawa masih menempel pada daunnya sebagai cara mengolah daun pepaya agar tidak menjadi pahit.

Cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit bisa juga menggunakan asam jawa. Bahan yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia ini tidak hanya menetralkan rasa pahit, tetapi juga memperkaya aromanya.

Rebus daun pepaya terlebih dahulu sebelum dipanggang. Masukkan sekitar lima biji asam jawa ke dalam air mendidih. Tunggu beberapa saat sampai daunnya matang, baru kita proses sesuai resep yang diinginkan.

Memasak Dengan Daun Jambu

Trik selanjutnya adalah dengan menggunakan daun jambu biji. Kandungan fenolik (tanin) yang ada disini mengikat rasa pahit dari daun pepaya. Pertama, uleni daun pepaya dengan daun jambu biji. Sekali lagi, berhati-hatilah untuk tidak menghancurkan daunnya. Kemudian masak daun pepaya dan daun jambu biji secara bersamaan. Tidak perlu menunggu lama, angkat daun pepaya dan tiriskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *