Cara Mengobati Sariawan Yang Ada di Langit-Langit

Sariawan adalah kondisi kesehatan yang dapat mempengaruhi beberapa bagian rongga mulut, termasuk langit-langit mulut. Pengobatan sariawan di langit-langit mulut tidak jauh berbeda dengan sariawan yang terjadi di bagian rongga mulut lainnya. Anda bisa menggunakan obat topikal yang biasa tersedia di apotek atau yang dibuat dengan bahan-bahan alami. Seperti sariawan di daerah lain, sariawan di langit-langit mulut juga bisa menimbulkan berbagai keluhan, seperti pegal-pegal, nyeri dan kesulitan makan.

Cara mengobati sariawan di langit-langit mulut

Sariawan di langit-langit mulut biasanya sembuh dengan sendirinya. Namun, ada beberapa cara mengobati sariawan yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan.

Obat Topikal

Obat topikal adalah obat yang dapat dioleskan, dioleskan, atau disemprotkan langsung pada sariawan, tergantung dari sediaan obatnya. Obat ini dapat mengurangi peradangan, menghilangkan rasa sakit, dan mencegah infeksi. Jenis obat oles yang dapat digunakan untuk mengobati sariawan di langit-langit mulut antara lain:

  • Pereda nyeri topikal: Ini adalah obat bebas yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri di area sekitar sariawan, seperti gel benzokain oral dan lidokain.
  • Obat anti-inflamasi topikal: Sariawan mengandung steroid dan penggunaannya harus diresepkan oleh dokter, seperti triamcinolone acetonide atau fluocinonide.
  • Antibiotik topikal: Obat-obatan ini dapat diresepkan oleh dokter jika sariawan disebabkan oleh infeksi bakteri.

Air asin

Berkumur dengan air garam merupakan cara yang praktis dan aman untuk mengobati sariawan di langit-langit mulut. Untuk melakukan ini, cukup larutkan 1 sendok teh garam dalam 1/2 cangkir air hangat. Kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama 15 hingga 30 detik. Ulangi setiap beberapa jam jika perlu.

Madu

Madu telah lama dikenal memiliki sifat antibakteri dan antiradang, sehingga dipercaya dapat membantu menyembuhkan sariawan secara alami. Mengoleskan madu pada sariawan dikatakan dapat mengurangi rasa sakit, ukuran dan kemerahan sariawan serta membantu mencegah infeksi sekunder. Untuk menggunakannya, cukup oleskan madu ke daerah yang terkena empat kali sehari.

Teh chamomile

Bunga chamomile mengandung senyawa azulene dan levomenol yang memiliki sifat anti inflamasi dan antiseptik. Gunakan kantong teh chamomile untuk mengompres sariawan selama beberapa menit. Anda juga bisa menggunakan teh chamomile yang diseduh untuk berkumur tiga sampai empat kali sehari.

Larutan Soda Kue

Cara lain untuk mengobati sariawan di langit-langit mulut adalah dengan menggunakan larutan soda kue.
Untuk membuat sariawan dengan baking soda, larutkan 1 sendok teh baking soda dalam 1/2 gelas air. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur selama 15 hingga 30 detik dan ulangi setiap beberapa jam jika perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *