Cara Yang Paling Aman Untuk Melihat Gerhana Matahari


Sudah siap melihat fenomena gerhana matahari cincin? Namun, perlu diingat bahwa gerhana matahari tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Apa cara teraman untuk melihat gerhana cincin?

Bagi Anda yang ingin langsung melihat fenomena ini, ada beberapa hal yang harus disiapkan, antara lain kacamata atau alat khusus untuk melihat gerhana matahari.
Karena melihat gerhana matahari tanpa perantara dapat merusak mata kita.

Bagaimana hal itu terjadi? Dokter mata, Dr Hisar Daniel, Sp.M mengatakan jika kita melihat langsung gerhana matahari, ada risiko mata kita akan mengalami kondisi yang disebut retinopati matahari.

“Solar retinopathy adalah kerusakan mata akibat radiasi matahari,” ujarnya. Dr. Hisar menambahkan bahwa penglihatan orang dengan retinopati surya dapat menjadi kabur secara permanen. Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan blind spot atau bintik hitam pada mata.

Oleh karena itu, jangan pernah mengabaikan petunjuk keselamatan saat melihat gerhana matahari. Meski matahari tampak tertutup bulan dan menggelap, cahayanya tetap bisa merusak mata jika dilihat langsung.

Tips Aman Menonton Gerhana Cincin

Cara paling aman untuk melihat gerhana cincin sejati adalah dengan memakai kacamata khusus. “Kacamata yang digunakan untuk melihat gerhana cincin harus bersertifikat ISO 12312-2,” tambah Dr. hisar. Dia mengatakan standardisasi telah menjadi standar khusus untuk melihat gerhana matahari.

Anda juga harus ingat bahwa kacamata hitam biasa, bahkan jika mereka memiliki kacamata yang sangat gelap atau filter buatan sendiri, tidak sepenuhnya aman untuk melihat gerhana matahari.

Meski gerhana hanya berlangsung beberapa menit, bukan berarti tidak akan merusak mata. Karena menatap lurus ke matahari selama beberapa detik dapat merusak mata, terutama gerhana matahari yang berlangsung beberapa menit. Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk melihat gerhana cincin dengan aman.

Pertama periksa kacamata gerhana mana yang ingin Anda gunakan. Jika kacamata tergores atau rusak, jangan gunakan.

Selalu ikuti petunjuk pada kemasan kacamata khusus gerhana. Pastikan kacamata digunakan dengan benar saat digunakan oleh anak-anak. Ajari anak untuk tidak melepas kacamata saat melihat gerhana matahari.

Sebelum menyaksikan gerhana, sebaiknya memakai kacamata terlebih dahulu, bukan sebaliknya. Anda tidak bisa hanya menggunakan kacamata untuk melihat gerhana cincin. Kacamata hitam yang sering digunakan sehari-hari memang tidak didesain khusus untuk melihat fenomena ini. Untuk melihat gerhana matahari penuh dengan aman, Anda memerlukan kacamata khusus yang bersertifikat ISO 12312-2.

Juga tidak disarankan untuk melihat gerhana matahari dengan kamera atau teropong tanpa filter atau filter khusus. Mengabaikan instruksi saat melihat gerhana cincin dapat meningkatkan risiko terkena retinopati matahari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *