Inilah Beberapa Penyebab Kaki Pegal di Malam Hari


Pernahkah Anda merasakan nyeri pada kaki Anda saat malam hari? Kondisi tersebut tentu tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu tidur Anda. Ada beberapa kemungkinan penyebab kaki pegal di malam hari, mulai dari gaya hidup hingga penyakit tertentu.

Penyebab Kaki Sakit di Malam Hari

Berikut beberapa penyebab kaki pegal saat malam hari yang harus Anda ketahui.

Gaya Hidup

Berdiri terlalu lama untuk bekerja dapat menyebabkan nyeri kaki di malam hari. Berdiri terlalu lama menyebabkan kelelahan pada otot kaki. Kelelahan otot juga dapat menyebabkan kram kaki dan nyeri karena kekurangan oksigen dalam tubuh atau penumpukan produk limbah.

Selain berdiri dalam waktu lama, penyebab kaki pegal saat malam hari bisa berupa pemakaian sepatu yang tidak nyaman, duduk atau berjalan terlalu lama, dan tidur dengan posisi tertentu, seperti kaki tertekuk.

Kehamilan

Saat Anda hamil, terkadang Anda juga bisa merasakan sakit di kaki Anda di malam hari. Kondisi ini terjadi karena cara tubuh memproses kalsium berubah selama kehamilan. Selain nyeri, perubahan kadar kalsium juga bisa menyebabkan nyeri kaki.

Diabetes

Penyebab kaki pegal saat malam hari keesokan harinya adalah diabetes. Kondisi ini dapat mempengaruhi sirkulasi darah. Kadar gula darah yang tinggi juga dapat merusak sistem saraf pusat, termasuk saraf di kaki. Saat kerusakan semakin parah, Anda mungkin merasakan sakit yang luar biasa dan kesemutan di kaki Anda.

Saraf kejepit

Saraf terjepit adalah suatu kondisi di mana saraf dikompresi oleh lingkungan, menyebabkan sejumlah masalah. Misalnya, tekanan pada saraf sciatic di kaki dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri di malam hari. Rasa sakitnya bahkan bisa menyebar dan terasa sangat tidak nyaman.

Plantar Fasciitis

Plantar fasciitis adalah peradangan pada jaringan ikat yang membentang dari tumit hingga jari kaki. Besarnya tekanan pada jaringan ini dapat menyebabkan peradangan dan menyebabkan nyeri tumit. Kaki juga bisa sakit di malam hari, membuatnya tidak nyaman.

Fibromyalgia

Penyebab lain nyeri kaki di malam hari adalah fibromyalgia. Ini adalah kondisi kronis yang ditandai dengan rasa sakit di seluruh tubuh, termasuk kaki. Pada malam hari, kadar hormon anti-inflamasi kortisol yang rendah dapat memperburuk gejala ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *