Inilah Keuntungan dan Kerugian Mengikuti Kelas Aksel


Pembelajaran dipercepat adalah program atau strategi yang memungkinkan siswa menyelesaikan sekolah lebih awal dari biasanya dan atau mulai belajar lebih awal dari usia biasanya. Kelas ini diikuti oleh siswa akselerasi. Tidak semua sekolah menawarkan kelas akselerasi dan tidak semua orang bisa menjadi peserta didik akselerasi.

Memilih sekolah akselerasi atau sekolah reguler masing-masing memiliki pro dan kontra untuk anak-anak. Sebagai orang tua, Anda pasti harus berpikir matang-matang agar anak Anda tidak terluka.

Apakah anak-anak harus mendaftar lebih awal?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu mengetahui potensi dan kemampuan emosional anak Anda. Beberapa anak memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Hal ini memungkinkan dia untuk menyerap pelajaran lebih cepat.

Motivasi anak untuk mengikuti pelajaran akselerasi juga harus diperhatikan. Alasannya, jika dia pergi ke sekolah, dia mungkin mendapatkan lebih banyak pelajaran atau bergaul dengan teman-teman yang lebih tua.

Calon siswa yang memenuhi syarat untuk sekolah akselerasi disarankan untuk menjalani penilaian psikologis yang komprehensif dari fungsi intelektual, tingkat kemampuan akademik, dan penyesuaian sosial-emosional oleh psikolog.

Secara akademis, siswa kelas akselerasi harus menunjukkan tingkat keterampilan di atas rata-rata kelas yang ingin mereka ikuti. Pelajar yang dipercepat secara sosial dan emosional harus bebas dari masalah penyesuaian yang parah. Pro dan kontra program akselerasi sekolah.

Manfaat Program Akselerasi Sekolah

Beberapa manfaat yang dapat dinikmati siswa dengan mengikuti Program Akselerasi Sekolah antara lain:

Dengan mengikuti kelas akselerasi, anak yang lebih berbakat dapat menerima kurikulum yang lebih sesuai dengan kemampuannya. Dengan cara ini, ia menghindari kebosanan belajar dengan kecepatan lebih lambat.

Program lompat kelas yang dipercepat telah terbukti membantu mempercepat keterlibatan sosial siswa dan pencapaian akademik, terutama ketika pendaftaran terjadi pada waktu yang bersamaan. Ini akan membantu meningkatkan penyesuaian psikologis pada siswa yang lebih tua.

Kurangnya kelas aksel

Selain kelebihan, ada juga beberapa kekurangan dari program akselerasi yang mungkin dialami anak-anak.

Program akselerasi saja mungkin tidak cukup bagi beberapa siswa untuk mengatasi masalah sosial, sehingga keterampilan sosial harus ditangani secara terpisah. Siswa akselerasi dapat dilarang oleh siswa lain yang tidak menyukai kelebihannya atau karena dianggap lebih kecil dari yang lain.

Dikhawatirkan kelas akselerasi akan membuat anak-anak tidak punya waktu untuk menikmati masa kecil atau sekolahnya. Jenis kelas akselerasi yang tidak tepat mungkin tidak menghasilkan hasil yang diharapkan dari siswa berbakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *