Jenis Olahraga Yang Cocok Untuk Penderita Bronkitis


Bronkitis adalah peradangan pada bronkus (bronkus) di paru-paru akibat infeksi. Kesulitan bernapas hingga kelelahan seringkali merupakan gejala bronkitis. Akibatnya, pasien ragu untuk berolahraga. Bila dilakukan dengan benar, olahraga untuk penderita bronkitis bahkan dapat membantu meringankan gejala.

Jenis olahraga yang tepat untuk penderita bronkitis

Jenis olahraga yang baik untuk penderita bronkitis, seperti penderita PPOK, adalah olahraga ringan hingga sedang. Inilah olahraga yang cocok:

Jalan-jalan

Jalan kaki bisa menjadi olahraga yang tepat bagi penderita bronkitis karena tergolong olahraga berintensitas rendah. Mulailah berjalan jarak pendek dan berhenti sebelum Anda menjadi sesak napas atau sesak napas. Anda dapat mulai dengan menghitung jarak yang dapat Anda tempuh dan mencoba untuk meningkatkannya sebanyak mungkin dari hari ke hari.

Joging

Penderita bronkitis harus berhati-hati saat memilih jogging sebagai salah satu olahraganya. Anda mungkin dapat memulai dengan mengurangi kecepatan dan jarak tempuh Anda.

Sebelum memulai dan sesudahnya, Anda dapat memasang pelembab udara atau humidifier untuk mengendurkan saluran udara Anda.

Anda juga dapat bergantian antara berlari dan berjalan dengan interval 3-5 menit untuk mengurangi intensitas latihan dan menstabilkan sistem pernapasan. Namun, untuk memastikannya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Dokter Anda akan membantu Anda menemukan pola berjalan yang tepat agar gejala bronkitis Anda tidak bertambah parah.

Berenang

Berenang adalah latihan kardiovaskular yang baik untuk melatih pernapasan. Tidak hanya bagi penderita bronkitis, berenang juga merupakan salah satu olahraga terbaik untuk beberapa penyakit pernapasan lainnya, seperti asma.

Berenang di luar membantu sirkulasi udara dengan baik sehingga klorin tidak menumpuk dan mencemari udara. Dengan begitu, Anda bisa berenang dengan aman sambil mendapatkan sirkulasi udara, serta sinar matahari pagi yang baik.

Yoga

Yoga merupakan olahraga yang mengandung unsur peregangan dan pernapasan, sehingga cocok untuk penderita bronkitis. Namun, penderita bronkitis harus berhati-hati saat melakukan gerakan yoga.

Pasalnya, beberapa pose terbalik dalam yoga dapat menyebabkan dahak dan batuk, sehingga harus dihindari. Jika Anda seorang pemula, ada baiknya mencari instruktur yoga yang berpengalaman. Cara ini juga bisa mencegah Anda terkena cedera olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *