Kehilangan Seseorang ? Lakukan Ini Untuk Mengatasi Kesedihan


Pengalaman kehilangan sosok yang Anda cintai bisa menjadi traumatis karena emosi yang begitu kuat. Selain itu, banyak orang yang menolak untuk melalui proses berduka, yang membuat proses penyesuaian semakin sulit. Setiap orang menghadapi kehilangan dengan cara yang berbeda dan itu normal. Sangat normal untuk merasa seperti Anda bukan diri Anda sendiri setelah kehilangan seseorang yang dekat dengan Anda.

Tahapan Kesedihan dan Kehilangan

Ada tahapan kesedihan dan kehilangan yang dialami oleh orang-orang dari semua latar belakang. Dalam fase ini, 5 fase disebutkan.
Namun, kelimanya tidak muncul secara berurutan. Terkadang orang melewati satu fase dan fase lainnya sebagai cara untuk menghadapi kesedihan. Ini adalah lima tahap kesedihan:

  • Menyangkal dan mengisolasi diri sendiri

Reaksi pertama yang sering terjadi saat mengalami kehilangan orang yang dicintai adalah mengingkari kenyataan. Seringkali orang berpikir ini tidak benar. Ini adalah respons normal terhadap banyak emosi.

  • Marah

Tahap kesedihan lainnya adalah kemarahan atau kemarahan sebagai bentuk ketidaksiapan untuk kehilangan yang begitu tiba-tiba. Kemarahan ini bisa ditujukan pada benda mati, orang asing, teman, bahkan keluarga.

  • Depresi

Saat sedang sedih, ada dua jenis depresi yang bisa muncul. Yang pertama adalah reaksi setelah kehilangan seseorang. Dengan jenis depresi ini, perasaan sedih dan menyesal akan muncul ke permukaan.

  • Penerimaan

Tidak semua orang bisa mengalami tahap ini. Pada fase ini, seseorang menjadi lebih tenang dan lebih tertutup. Itu tidak berarti itu fase bahagia.

Orang yang dicintai yang berada dalam kondisi kritis atau penuaan dapat melalui tahap ini. Pada fase ini adalah normal untuk membatasi interaksi sosial.

Bagaimana cara mengatasi kehilangan dengan cara yang sehat?

Kehilangan seseorang melalui kematian tidak bisa dihindari. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasinya dengan cara yang sehat, yaitu:

Beri waktu untuk berduka

Tidak ada waktu standar bagi setiap individu untuk berduka. Ada juga banyak variabel penentu, seperti usia, lama hubungan, dan jenis kematian.

Pikirkan tentang perannya dalam hidup

Apa yang menghibur Anda ketika Anda kehilangan orang yang Anda cintai adalah kenangan akan peran mereka dalam hidup Anda. Pertimbangkan apa pengaruh terbesarnya yang bermanfaat hingga saat ini.

Melanjutkan warisan

Menjalani hidup dengan mewariskan hal-hal baik yang ditinggalkan oleh orang yang dicintai adalah cara terindah untuk menghormati mereka. Meski telah tiada, bukan berarti warisan yang mereka tanam padam.

Bicara tentang hal-hal baik

Jangan ragu untuk berbicara tentang orang yang Anda cintai, betapa Anda merindukannya dan kenangan indah yang dia miliki tentang dia. Melakukan hal ini juga bisa menenangkan, karena rasanya orang yang meninggalkan kita tetap ada di hati dan pikiran kita.

Tetapi jika kesedihan berlanjut dan bahkan mengganggu hidup Anda, Anda mungkin memerlukan bantuan. Untuk pembahasan lebih lanjut, tanyakan langsung ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *