Manfaat Dari Ibu Hamil Yang Suka Tidur Siang


Ini memungkinkan ibu untuk tidur siang selama kehamilan. Namun, bolehkah ibu hamil tidur siang? Simak ulasan berikut untuk menemukan jawabannya.

Bolehkah ibu hamil tidur siang?

Wanita hamil sangat disarankan untuk tidur siang. Padahal, kegiatan ini memberikan manfaat bagi kehamilan. Kehamilan seringkali menimbulkan keluhan yang mengganggu tidur. Tidur siang dapat membantu memenuhi kebutuhan tidur ibu hamil. Hal ini tentu bermanfaat bagi kesehatan ibu dan janin. Berikut beberapa manfaat tidur siang selama kehamilan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Mengatasi Kelelahan

Kelelahan adalah gejala utama kehamilan dan dapat berlangsung hampir 9 bulan hingga melahirkan. Perubahan hormonal, perubahan fisik dan kondisi tertentu selama kehamilan juga menyebabkan kelelahan pada ibu hamil.
Tidur siang bisa menjadi solusi mengatasi rasa lelah saat hamil.

Mengurangi risiko BBLR

BBLR atau bayi berat lahir kecil merupakan kondisi kesehatan cukup serius dimana dapat meningkatkan risiko kesakitan dan kematian bayi, serta pertumbuhan yang terhambat. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa tidur malam yang nyenyak dapat menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah (BBLR).

Mencegah Preeklamsia

Kurang tidur di malam hari sering dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan yang dapat menyebabkan komplikasi kehamilan. Hal ini tentu berbahaya bagi ibu dan janin karena dapat menyebabkan preeklamsia.
Dengan tidur siang, diharapkan kebutuhan tidur ibu hamil dapat terpenuhi dengan baik.

Meningkatkan mood dan mengelola stres

Kurang tidur juga berhubungan dengan tingkat depresi dan stres pada seseorang, termasuk ibu hamil. Jika Anda merasa sedih atau stres selama kehamilan, cobalah tidur siang sebentar untuk menghibur dan memperbaiki suasana hati Anda. Para ahli mengatakan relaksasi dengan berbaring atau beristirahat adalah pendorong suasana hati yang kuat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Tidur di siang hari diketahui membantu jantung berdetak normal. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang mengalami stres mental dan tidur siang selama 45-60 menit memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

Jadi tidur siang bisa menjadi sarana relaksasi atau membantu tubuh Anda pulih dari kondisi atau stres akibat aktivitas di siang hari. Hal ini tentu bermanfaat bagi ibu hamil yang berisiko mengalami tekanan darah tinggi dan kondisi stres selama kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *