Mengenal Gejala Serta Cara Atasi Penyempitan Tulang Belakang


Tahukah Anda bahwa tulang belakang bisa menyempit? Penyempitan tulang belakang (spinal stenosis) merupakan kondisi tulang belakang kita memiliki jarak antar tulang yang sedikit. Stenosis tulang belakang paling sering terjadi di punggung bawah dan leher. Biasanya kondisi ini terjadi secara bertahap. Jika penyempitannya ringan, mungkin tidak ada gejala. Namun, jika penyempitannya terlalu kuat, bisa memberi tekanan pada saraf dan menyebabkan masalah.

Penyebab Penyempitan Tulang Belakang

Stenosis tulang belakang dapat terjadi di mana saja di sepanjang tulang belakang. Seberapa banyak tulang belakang yang terpengaruh dapat bervariasi. Penyebab paling umum dari kondisi ini adalah penuaan.

Seiring bertambahnya usia, proses degeneratif terjadi di seluruh tubuh. Jaringan di tulang belakang juga bisa menebal dan tulang bisa melebar untuk memberi tekanan pada saraf.

Selain itu, peradangan yang disebabkan oleh osteoarthritis dan rheumatoid arthritis juga dapat menyebabkan penyempitan tulang belakang.

Kebanyakan orang dengan penyempitan sumsum tulang belakang berusia di atas 50 tahun. Jika Anda seusia itu atau memiliki kondisi yang dapat menyebabkan stenosis tulang belakang, dapatkan pemeriksaan medis rutin dengan dokter Anda.

Gejala penyempitan tulang belakang

Anda mungkin juga melihat gejala yang memburuk dari waktu ke waktu. Ketika ini terjadi, Anda mungkin mengalami gejala berikut, seperti sakit leher, sakit punggung, kaki dan lengan lemah, dan banyak lagi.

Dengan duduk, sebenarnya bisa meringankan kembali masalah penyempitan ini. Namun, saat kembali berjalan atau berdiri, bisa kambuh lagi. Perlu diingat bahwa tidak semua gejala dapat terjadi karena tergantung pada lokasi penyempitan dan saraf mana yang terpengaruh.

Mengobati Penyempitan Tulang Belakang

Saat mengobati penyempitan tulang belakang, pertama-tama akan ada obat untuk meredakan rasa sakit yang Anda alami. Suntikan kortison ke tulang belakang dapat mengurangi pembengkakan.

Sementara itu, obat antiinflamasi nonsteroid dapat membantu mengatasi rasa sakit. Selain itu, terapi fisik mungkin juga diperlukan untuk memperkuat otot dan meregangkan tubuh secara perlahan.

Bahkan operasi dimungkinkan jika rasa sakit Anda parah atau jika Anda mengalami kehilangan fungsi neurologis. Prosedur ini dapat menghilangkan tekanan secara permanen.

Dalam kasus yang jarang terjadi, penyempitan tulang belakang yang tidak diobati dapat berkembang dan menyebabkan masalah permanen seperti mati rasa, masalah keseimbangan, inkontinensia, dan kelumpuhan. Karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda khawatir mengalami kondisi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *