Mengenal Tanaman Cantigi Ungu Beserta Manfaatnya


Cantigi ungu (Vaccinium variingiaefolium) adalah spesies pohon Indonesia yang banyak ditemukan di hutan pegunungan. Tanaman cantigi juga dikenal dengan nama cantigi gunung atau mentigi gunung. Tanaman Vaccinium dikenal sebagai tanaman antioksidan tinggi yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Potensi Manfaat Kesehatan dari Cantigi Ungu

Belum banyak penelitian yang membahas manfaat buah cantigi ungu bagi kesehatan. Namun, keberadaan tanaman cantigi dianggap memiliki manfaat lingkungan dan kandungan antioksidan dalam buahnya dianggap memiliki potensi manfaat kesehatan.

Membersihkan udara

Manfaat ini dilihat sebagai efek positif berupa kondisi udara yang lebih bersih, sehingga secara umum dapat membantu meningkatkan kesehatan masyarakat sekitar.

Sumber Antioksidan

Meski tidak sebanyak bilberry, ekstrak buah cantigi ungu memiliki antioksidan flavonoid serta antosianin yang merupakan pewarna alami. Antioksidan ini memiliki kemampuan untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Antioksidan berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh, sehingga dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat proses oksidasi. Perlu Anda ketahui bahwa proses oksidasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan, termasuk penyakit kronis dan penuaan dini.

Meredakan Peradangan

Kandungan flavonoid dalam ekstrak buah cantigi berpotensi meredakan peradangan pada tubuh. Peradangan adalah respon imun ketika tubuh terpapar alergen, kuman, racun, atau iritan lainnya.

Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada tubuh. Senyawa flavonoid dapat membantu tubuh mengabaikan respon inflamasi sehingga gejala dapat berkurang.

Dapat Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Antosianin merupakan zat warna ungu pada buah cantigi. Tanaman kaya antosianin telah digunakan secara turun-temurun untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Kandungan antosianinnya banyak digunakan untuk membantu mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). seperti insufisiensi vena kronis, tekanan darah tinggi dan retinopati diabetik.

Kemungkinan Pencegahan Kanker

Antosianin juga dipercaya berpotensi menghambat kanker. Sebuah penelitian pada tahun 2010 menunjukkan bahwa senyawa antosianin dalam ekstrak blueberry dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Adanya antosianin pada buah cantigi ungu menandakan bahwa buah ini berpotensi memberikan manfaat yang kurang lebih sama dengan blueberry.

Namun, banyak penelitian tentang kemampuan antosianin untuk menaklukkan kanker diperlukan untuk membuktikannya. Terutama terkait dengan senyawa antosianin yang terdapat pada buah cantigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *