Mengenal Xanthan Gum Beserta Segala Macam Manfaatnya

Pernahkah Anda mendengar tentang xanthan gum dan manfaat kesehatannya? Xanthan gum dikenal sebagai zat aditif yang biasa ditemukan pada makanan dan kebutuhan sehari-hari, seperti pasta gigi.

Meski tergolong zat aditif, xanthan gum dipercaya memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan kita. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang xanthan gum dan manfaatnya.

Apa itu permen karet xanthan?

Xanthan gum adalah polisakarida yang dibuat dari bakteri bernama Xanthomonas campestris. Bakteri ini biasanya menginfeksi sayuran silangan, seperti kubis dan kembang kol.

Namun, xanthan gum kini telah menjadi salah satu bahan tambahan yang banyak digunakan dalam makanan dan kebutuhan sehari-hari. Dalam produk makanan, fungsi xanthan gum adalah mengentalkan makanan dan mengubah teksturnya.

Anda tidak perlu khawatir dengan keamanannya. Produsen permen karet Xanthan tidak menggunakan bakteri aktif dan dengan demikian tidak menyebabkan infeksi.

Manfaat xanthan gum baik untuk kesehatan

Berikut adalah beberapa kemungkinan manfaat kesehatan dari permen karet xanthan.

Menurunkan Gula Darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa xanthan gum dapat menurunkan gula darah bila dikonsumsi dalam dosis tinggi.
Permen karet xanthan dipercaya dapat mengubah cairan di perut dan usus kecil menjadi zat lengket seperti gel. Misalnya, permen karet xanthan dipercaya dapat memperlambat pencernaan dan menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Satu studi menemukan bahwa pria dengan diabetes mampu secara signifikan menurunkan kadar gula darah mereka (apakah puasa atau setelah makan) setelah makan kue yang mengandung 12 gram permen karet xanthan selama 6 minggu.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa xanthan gum dapat menurunkan kadar kolesterol bila dikonsumsi dalam dosis tinggi. Dalam sebuah penelitian, pria yang mengonsumsi permen karet xanthan selama tiga minggu mengalami penurunan kolesterol sebesar 10 persen.

Namun, penelitian ini tidak cukup untuk menunjukkan efektivitas permen karet xanthan dalam menurunkan kolesterol. Beberapa studi lanjutan pada manusia diperlukan untuk mendukung klaim ini.

Mengatasi Mulut Kering

Dilansir dari Medical News Today, salah satu fungsi xanthan gum adalah sebagai pengganti air liur pada penderita mulut kering kronis. Beberapa pasta gigi bahkan mengandung xanthan gum untuk membantu melembabkan mulut yang kering.

Menurunkan Berat Badan

Beberapa orang melaporkan penurunan berat badan yang sukses setelah mengkonsumsi permen karet xanthan. Aditif ini dipercaya dapat meningkatkan rasa kenyang karena dapat memperlambat pengosongan lambung dan memperlambat proses pencernaan.

Dapat Melawan Kanker

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa permen karet xanthan dapat memperlambat pertumbuhan kanker dan memperpanjang umur tikus dengan melanoma (kanker kulit).

Namun, manfaat xanthan gum belum terbukti secara langsung pada manusia. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan kebenaran klaim ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *