Mengetahui Apa Saja Yang Menjadi Masalah di AC

AC di rumah Anda tidak begitu dingin atau pendinginya lama dingin, AC Anda mungkin bermasalah. AC yang rusak bisa menyebabkan gangguan pada rasa nyaman serta masalah alergi.

Temukan sumber masalahnya AC

Sebelum memanggil oeang yang mengerti AC, temukan dahulu sumber masalahnya. Plus, tidak ada salahnya untuk mengetahui akar penyebab AC kesayangan Anda tidak berfungsi untuk menghindari kerusakan sistem dan perangkat yang lebih serius.

Pastikan ventilasi tertutup

Salah satu hal yang mencegah ruangan tua menjadi dingin adalah jendela atau pintu yang tidak menutup dengan baik.  Selain memperpanjang pendinginan ruangan, membiarkan ventilasi terbuka juga dapat membuang listrik.

Jika kita sering keluar masuk kamar, pastikan pintu tertutup kembali. Karena ketika ada pintu yang terbuka atau retak, angin dingin dari AC akan langsung meninggalkan ruangan, dan AC akan berusaha menurunkan suhu di dalam ruangan.

Bayangkan jika pintu atau jendela terus-menerus terbuka, AC akan bekerja mendinginkannya lebih dari yang seharusnya.  Menggunakan AC tambahan akan merusak kompresor.

Ganti filter

Filter merupakan bagian dari AC dan harus dirawat dan diganti secara berkala. Idealnya, filter AC harus diganti dengan yang baru minimal dua kali setahun. Tujuannya untuk menurunkan performa motor AC sekaligus memperpanjang umur AC.

Jika filter AC kotor, rusak, atau bermasalah, mungkin diperlukan waktu lebih lama dari biasanya untuk mendinginkan ruangan. Tidak kalah pentingnya, memaksa penggunaan AC dengan filter yang rusak akan mempengaruhi kualitas udara yang dihasilkan dan memperpendek umur AC.

Evaporator

AC Anda mungkin menyala dan mengeluarkan udara, tetapi suhu ruangan tidak menjadi dingin. Kumparan evaporator mungkin membeku. Untuk memeriksanya, letakkan tangan Anda di sebelah alat di dekat penahan filter. Jika terasa sangat dingin, mungkin beku di dalamnya.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah mematikan AC dan menyalakan kipas agar kumparan evaporator mencair. Selama proses ini, pastikan filter dan gulungan di sekitar filter bebas dari debu, karena debu juga dapat membekukan AC.

Jika Anda menduga koil evaporator membeku, jangan paksa AC karena dapat merusak kompresor dan menyebabkan biaya perbaikan yang sangat mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *