Menyelesaikan Masalah Saat Tengkar Sama Pasangan


Tidak mungkin ketika suatu hubungan berjalan lancar, pertengkaran tidak bisa dihindari. Tidak apa-apa berdebat dengan pasangan Anda, ini tentang bagaimana Anda menyelesaikannya setelah pertengkaran. Kuncinya adalah komunikasi, asal mula koneksi dan kepercayaan. Untuk membangun hubungan yang terbuka dan jujur, setiap orang perlu dapat berkomunikasi secara bebas dan sehat. Tidak sesederhana teorinya, karena nyatanya pertengkaran terkadang meledak karena kebuntuan komunikasi dengan pasangan.

Identifikasi konflik saat tengkar

Secara umum, konflik muncul ketika satu dan yang lain tidak setuju. Pasangan bisa bertengkar dengan berbagai cara, dari verbal hingga non-verbal.

Konflik semu

Dalam kebanyakan kasus, konflik semu dapat dengan mudah diselesaikan selama pertempuran. Hanya perlu sedikit klarifikasi tentang apa yang diinginkan semua orang dan penjelasan lebih lanjut. Terkadang konflik semu menjadi lebih buruk ketika satu sisi cenderung mengejek atau menertawakan yang lain di depan yang lain.

Fakta yang Bertentangan

Berdebat tentang fakta yang saling bertentangan juga tidak terhindarkan dalam suatu hubungan. Hal ini terjadi ketika ada perbedaan pendapat di antara pasangan tentang informasi atau fakta di sekitar mereka. Seperti konflik semu, cukup mudah untuk menyelesaikan perselisihan tentangnya, lihat saja faktanya.

Konflik Nilai

Ketika perbedaan nilai dipaksakan dan menyebabkan pasangan berdebat, kita berbicara tentang konflik nilai. Tema dapat berkisar dari hal-hal sederhana hingga isu-isu global utama. Solusi untuk jenis perkelahian ini tidak selalu mudah karena setiap orang memiliki keyakinan yang berbeda.
Solusinya adalah saling menghargai pendapat. Juga terimalah bahwa tidak semua orang harus membagikan pendapat Anda.

Konflik Kebijakan

Konflik kebijakan terjadi ketika mitra tidak menyetujui strategi dalam situasi tertentu. Ada banyak faktor yang ikut berperan, seperti karakteristik pribadi, pendidikan dan lain-lain. Misalnya, jika pasangan Anda tidak bisa menyepakati batasan cara menghadapi lawan jenis selain pasangan Anda.

Konflik ego

Pasangan juga bisa berdebat tentang konflik ego, ketika argumen tidak datang bersamaan karena keduanya tidak mau menyerah. Konflik ego agak sulit diselesaikan karena sudah benar-benar menyerbu ranah pribadi.

Berdamailah setelah berdebat dengan pasanganmu

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk berdamai setelah bertengkar dengan pasangan:

Validasi Emosional

Sebelum membahas konflik dengan pasangan, pastikan Anda mengetahui perasaan Anda. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menenangkan diri agar berbicara dengan pasangan tidak mengarah pada kekerasan, baik verbal maupun nonverbal.

Temukan waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk mendiskusikan masalah dapat membuat perbedaan besar. Biarkan pasangan Anda tahu bahwa Anda ingin mendiskusikan hal-hal yang Anda mainkan bersama tanpa duduk diam terlalu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *