Ragu Saat Membuat Kepastian ? Mungkin Ini Penyebabnya


Membuat keputusan bisa jadi sulit bagi sebagian orang. Namun, keragu-raguan atau keragu-raguan dalam mengambil keputusan bisa saja terjadi, bahkan dengan keputusan kecil sekalipun. Contoh sederhananya, kamu bingung mau makan nasi goreng atau mie ayam karena martabak manisnya juga terlihat sangat menggoda. Ada banyak hal lain yang membuat seseorang sulit mengambil keputusan. Namun, tidak perlu khawatir karena keraguan ini dapat dihilangkan secara bertahap. Simak penjelasannya di bawah ini untuk informasi lebih lanjut!

Penyebab keraguan muncul

Orang mulai ragu karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Namun, semua faktor ini biasanya dipengaruhi oleh keraguan diri. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan seseorang diselimuti keraguan:

Takut melakukan kesalahan

Ketakutan ini bisa muncul karena ini adalah momen pertama untuk mengambil keputusan besar. Tentu rasa takut yang muncul adalah perasaan yang wajar. Ketakutan membuat kesalahan ini juga bisa berasal dari membuat keputusan yang salah terlalu sering.

Berpikir sejenak

Mungkin Anda memiliki jawabannya tanpa keraguan. Namun, beberapa orang menunda keputusan pada saat itu. Pengambilan keputusan yang tergesa-gesa juga akan dipandang buruk oleh orang lain.

Diperlukan pertimbangan yang cermat

Keragu-raguan juga baik bagi Anda untuk membuat perbandingan. Anda mungkin memerlukan cara lain untuk menemukan informasi tambahan yang Anda butuhkan. Tentu saja, sebelum membuat keputusan, Anda harus mempertimbangkan pro dan kontra dari setiap opsi.

Merasa tidak punya hak untuk membuat pilihan

Keraguan juga bisa muncul dari perasaan bahwa orang lain lebih berhak mengambil keputusan. Namun, ada kalanya seseorang tidak mau mengambil keputusan karena ingin lari dari tanggung jawab.

Bagaimana Anda menghilangkan keraguan?

Keraguan sementara harus dihilangkan. Berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

Berani

Langkah pertama adalah keberanian. Setiap keputusan memiliki resikonya masing-masing. Ketika Anda membuat keputusan ini, lupakan ketakutan Anda dan hadapi semua konsekuensi yang akan datang di masa depan.

Dengarkan suara hati Anda

Menimbang terlalu banyak juga tidak baik saat mengambil keputusan. Untuk mengurangi waktu pengambilan keputusan, Anda harus dapat dengan cepat menilai opsi mana yang terbaik. Anda juga perlu belajar mendengarkan suara hati Anda saat mengambil keputusan.

Biasakan untuk membuat keputusan sendiri

Sepanjang hidup Anda, Anda terus-menerus terlibat dalam proses pengambilan keputusan. Belajarlah untuk membuat keputusan kecil, seperti menu mana yang akan dimakan atau film mana yang harus ditonton terlebih dahulu. Dengan membiasakan diri dengan keputusan kecil, Anda akan lebih nyaman mengambil keputusan besar nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *