Siapkan Ini Saat Ingin Berlayar Bersama Anak


Berlayar keluarga sekarang menjadi semakin populer karena berbagai alasan, tidak hanya akomodasi dan makanan yang tersedia dalam satu tarif tetapi juga kemampuan untuk mengunjungi banyak tempat tanpa keluar masuk hotel dan berjuang untuk membawa barang bawaan di sepanjang jalan. Apalagi fasilitas yang lengkap bisa memberikan banyak aktivitas untuk mengisi liburan.
Dapatkan tips untuk menjaga anak-anak tetap tenang dan aman saat berlayar.

Siapkan anak dengan baik

Libatkan si kecil dalam merencanakan liburan ini. Memberikan informasi tentang suasana dan kegiatan yang dapat dilakukan selama berlayar melalui brosur, buku atau film. Biasanya rutinitas di kapal berubah dengan cepat dan terkadang anak-anak menjadi rewel. Namun, dengan menceritakan apa yang akan terjadi dan apa yang akan dialami, akan lebih mudah beradaptasi dengan suasana atau tempat baru, seperti tampilan ruangan, lokasi, fasilitas kolam renang, hingga lokasi tempat yang akan dikunjungi makanan.

Kemasi barang anak

Memang, traveling adalah bagian tersulit dari mengemas barang bawaan si kecil karena jumlahnya banyak dan beragam. Selain mengemas pakaian dan perlengkapan mandi favorit, jangan lupa untuk membawa tabir surya, obat nyamuk, dan obat mabuk laut khusus untuk anak-anak. Bawa juga mainan atau buku favorit agar tidak bosan. Bagi para ibu, selalu bawa tas kecil berisi perbekalan darurat, seperti tisu, botol air minum, hand sanitizer dan makanan ringan seperti kue atau kacang.

Prioritaskan aspek keamanan

Setelah berada di kapal, mulailah percakapan dengan si kecil tentang pentingnya mengikuti aturan. Jelaskan bahwa kapal dirancang untuk tetap aman, tetapi tetap harus waspada dan siap jika terjadi sesuatu. Juga ingatkan anak untuk selalu berkabar saat ingin keluar dari kamar.

Ikuti rutinitas

Kapal biasanya terdapat fasilitas dan hiburan untuk digunakan si kecil, cobalah untuk tetap melakukan rutinitas rutin. Bangunlah pada pagi hari dan mintalah anak Anda untuk tidur malam yang cepat. Berikan pengecualian karena Anda sedang berlibur, ada waktu untuk sedikit fleksibel. Jika suatu kegiatan menarik perhatiannya, beri dia waktu dan kebebasan untuk melakukannya.

Berlayar di laut saat liburan terbukti menjadi kegiatan yang menyenangkan bersama si kecil, mommies.

Ajarkan Anak Untuk Puasa Sejak Dini Sangat Penting


Tradisi keluarga kami yang biasa adalah membesarkan anak-anak yang tidak perlu berpuasa. Tujuannya agar mereka siap secara fisik, mental dan spiritual saat dibutuhkan.
Namun dalam praktiknya, tidak semua anak sama mudahnya untuk berlatih. Apa yang harus dilakukan orang tua saat menghadapi anak yang masih ogah-ogahan? Idealnya, kita belum menghadirkan stimulan (dorongan) yang bisa memotivasi.

Bentuk stimulan dapat bervariasi. Salah satu yang terpenting adalah memahami makna puasa dan kegunaannya bagi kita. Dapat kita jelaskan bahwa puasa adalah kewajiban dari Allah SWT kepada umat-Nya. Dan Tuhan telah menjamin bahwa dia bisa dan kuat, selama dia tidak sakit. Namun alangkah baiknya juga jika disertai dengan penjelasan pahala Allah bagi orang yang berpuasa berupa pahala ganda di akhirat. Pengenalan akhirat adalah dasar dari pendidikan anak.

Mengajarkan Anak Puasa

Saat kita menjelaskan kepada anak apa itu puasa, tentunya kita juga harus menyesuaikan dengan usia anak. Seberapa jauh kita dapat menjelaskan dan seberapa banyak anak dapat memahami dipengaruhi oleh usia dan perkembangan kognitif anak.

Bagi anak-anak yang masih terlalu kecil, konsep agama, Tuhan, kewajiban beribadah, terutama akhirat, masih merupakan sesuatu yang serba abstrak. Untuk anak kecil, pendekatan buku dan cerita bisa sangat membantu.

Selama anak-anak dapat melihat contoh orang dewasa di sekitar mereka dan merasakan suasana keluarga yang sangat mendukung, pernyataan ini hampir pasti akan berpengaruh. Ketika mengajak anak untuk mengerti dan belajar melakukan sesuatu, keteladanan orang tua secara alami akan membantu proses belajar anak, bukan sekedar kata-kata. Bukankah begitu cara anak belajar dengan meniru orang-orang terdekatnya?

Agar tidak kaget dan merasa berat, agama menganjurkan kita untuk memberikan kemudahan, seperti puasa setengah hari atau puasa beberapa jam. Untuk membesarkan anak, proses adalah yang terpenting.

Mereka juga disebut anak-anak agar mereka termotivasi, kita harus memberikan reward yang mendidik, menantang atau memotivasi. Penghargaan ini kami berikan sebagai pengakuan atas kemauan dan kemampuan mereka. Imbalan akan meningkatkan harga diri dan efikasi diri (kepercayaan diri).

Penghargaan ini tidak harus selalu berupa materi. Pujian yang tulus atau ekspresi yang membesarkan hati juga merupakan hadiah. Pemberian reward ini penting karena kita tidak hanya mengingat kesalahan atau kekurangan anak, sambil melupakan prestasinya. Selain itu, anak juga harus diajak untuk memahami sejak dini bahwa puasa bukanlah tujuan. Tidak ada tujuan dalam arti kita tidak cukup lapar dan haus di siang hari, itulah sebabnya disebut puasa. Puasa merupakan salah satu bentuk pengajaran dari Tuhan kepada semua manusia untuk memperbaiki diri melalui amalan.

Begini Cara Untuk Membahagiakan Anak Saat Dirumah


Mau tahu bagaimana cara membahagiakan si kecil? Kalian tidak perlu membeli setumpuk mainan atau pakaian dari merek terkenal untuknya. Beri dia cinta dan perhatian, dia akan bahagia. Selain itu, ada beberapa cara yang selalu bisa membuat hati si kecil senang, seperti berikut ini.

Waktu Bersama Anak

Anda tidak selalu harus melakukan Me-time sendirian. Sesekali ajak si kecil untuk menikmatinya bersama Anda. Ada beberapa aktivitas menyenangkan yang bisa membuat si kecil senang, seperti memasak bersama, mengajaknya ke taman, melakukan manikur dan pedikur bersama. Hal ini akan membuat kedekatan Anda dengan si kecil semakin hangat dan ia akan merasa bahagia setiap hari.

Menyanyi

Musik merupakan media yang paling mudah untuk menyampaikan pesan. Musik juga memungkinkan Anda untuk mengekspresikan emosi yang berbeda yang tidak dapat diungkapkan secara langsung. Bagi anak seusia masih balita, musik adalah simbol kebahagiaan. Selain itu, anak Anda dapat mengerti apa yang di bahas lebih cepat bersama musik. Ia dapat mempelajari berbagai kosakata dan bahasa baru sehingga keterampilannya meningkat.

Nyalakan musik sewaktu si kecil bangun untuk membuat mereka bahagia. Begitu juga sebelum tidur. Para orang tua bisa bernyanyi dengan kasih sayang sehingga dia bisa tertidur. Cara ini akan membuat Anda merasa senang saat bangun nanti. Sangat mudah bukan?

Makan bersama

Momen makan bersama pasti akan menyenangkan si kecil. Di meja makan dia bisa menceritakan tentang peristiwa yang terjadi pada siang hari. Sayangnya, banyak keluarga saat ini mulai meninggalkan tradisi ini. Bahkan bisa meningkatkan kebahagiaan si kecil. Baginya, meski makanannya sederhana, rasanya 100 kali lebih enak dibanding makanan bintang lima saat disantap bersama keluarga.

Tetap terhubung dengan si kecil

Anak kecil suka diperhatikan. Jika Anda tidak pernah mengabaikannya, dia akan merasa didengarkan. Dengan begitu, kebahagiaan akan tumbuh dalam dirinya. Anda tidak harus melakukan semua yang diinginkan si kecil, Bu. Menyentuh dan mengobrol di sore hari membuat Anda dan si kecil semakin dekat.
Ternyata tidak semua kebahagiaan bisa dibeli dengan harta. Jadi selalu berikan perhatian si kecil agar hidupnya bahagia. Semoga berhasil!