Mengenal Jenis – Jenis Anestesi Dalam Dunia Medis


Sebelum menjalani operasi atau prosedur medis lainnya, anggota medis umumnya akan memberikan obat bius. Meskipun mungkin untuk sementara membuat pasien kebal terhadap rasa sakit atau nyeri, ini tidak berarti bahwa obat ini tidak menimbulkan efek samping dan komplikasi setelah efeknya hilang.

Apa itu anestesi?

Istilah anestesi berasal dari kata Yunani yang berarti hilangnya sensasi. Anestesi adalah tindakan medis yang bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit atau sensasi pada bagian tubuh tertentu atau membuat seseorang tidak sadarkan diri (tertidur).

Obat anestesi umumnya diberikan kepada pasien oleh ahli anestesi sebelum menjalani operasi atau prosedur medis lainnya. Oleh karena itu, dia tidak akan merasakan sakit selama prosedur medis.

Bagaimana cara kerja anestesi?

Anestesi fungsinya untuk menghentikan saraf agar tidak aktif dalam beberapa waktu. Dengan memberikan anestesi, dokter dapat dengan bebas melakukan prosedur medis tanpa menyakiti Anda.

Setelah efek mati rasa hilang, sinyal saraf secara bertahap kembali ke fungsi normalnya. Beberapa waktu kemudian, rasa sakit akibat tindakan medis akan terasa.

Jenis Anestesi Yang Harus Anda Ketahui

Tergantung pada kondisi dan prosedur medis pasien, ahli anestesi akan memberikan jenis anestesi tertentu. Dalam kedokteran, ada tiga jenis anestesi yang umum digunakan. Setiap jenis memiliki tujuan dan cara kerja yang berbeda. Berikut penjelasan lengkapnya:

Anestesi lokal

Anestesi ini merupakan jenis anestesi yang diberikan dengan menghalangi sensasi atau rasa sakit di bagian tubuh tertentu yang dioperasi. Jenis anestesi ini tidak mempengaruhi kesadaran. Ini berarti bahwa pasien tetap sadar selama operasi atau prosedur medis.

Anestesi Regional

Anestesi regional adalah anestesi yang diberikan dalam mengatasi rasa sakit di salah satu bagian tubuh. Seperti anestesi lokal, pasien tetap sadar selama operasi, tetapi tidak merasakan sensasi apa pun di bagian tubuh yang dibius.

Anestesi Umum

Anestesi umum adalah prosedur anestesi yang dapat membuat pasien tidak sadar (tertidur) selama prosedur pembedahan. Anda juga tidak akan merasakan sakit apa pun setelah efek mati rasa hilang. Di Indonesia, anestesi ini dikenal sebagai anestesi umum.

Efek samping anestesi regional

Risiko efek samping narkotika tergantung pada beberapa faktor. Mulai dari riwayat penyakit yang pernah atau dialami pasien, kondisi fisik pasien (seperti obesitas dan kebiasaan merokok), jenis tindakan medis yang dilakukan, hingga jenis anestesi yang diberikan.

Oleh karena itu, setiap kali Anda akan menjalani prosedur medis, besar atau kecil, pastikan untuk bertanya dengan jelas kepada ahli anestesi yang akan merawat Anda tentang jenis dan efek samping obat bius yang akan digunakan.

Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Suara Serak


Suara serak adalah kondisi yang menjengkelkan, seringkali akibat radang tenggorokan atau radang pita suara. Penyakit ini menyebabkan radang laring, karena iritasi atau infeksi. Bagaimana cara menghilangkan suara serak tersebut? Bahkan, dengan beberapa langkah sederhana, Anda bisa mengembalikan suara yang semula serak. Bahkan, Anda bahkan tidak perlu obat jika Anda serak.

Cara menghilangkan suara serak secara alami

Satu hal yang perlu diingat, suara serak bukanlah penyakit, itu adalah gejala dari beberapa kondisi kesehatan. Meskipun suara serak adalah kondisi medis yang sering diabaikan, bukan berarti Anda bisa “mengendurkannya”. Jadi, kenali sembilan cara ini untuk membuat suara Anda tidak serak:

Gunakan suara pelan

Penggunaan suara yang berlebihan dapat menyebabkan kotak suara membengkak dan menjadi iritasi. Pita suara perlu istirahat untuk sembuh. Oleh karena itu, hindari penggunaan suara yang berlebihan, apalagi berteriak. Perlu diingat bahwa bernyanyi juga dapat memperburuk kondisi ini.

Berhenti Merokok

Cara kedua agar suara Anda tidak serak adalah dengan berhenti merokok. Merokok, baik itu rokok tembakau atau rokok elektrik, adalah semua yang Anda butuhkan untuk menghentikan suara Anda.

Merokok dapat mengiritasi tenggorokan, menyebabkan batuk dan memperlambat proses penyembuhan. Hal ini juga berlaku untuk perokok pasif. Segera hindari asap rokok yang ada di sekitar Anda.

Minum air secara teratur

Air bisa disebut “obat” untuk banyak penyakit. Buktinya, mengonsumsi air putih secara rutin dianggap sebagai cara ampuh mengatasi suara serak. Air dapat menjaga tenggorokan tetap terhidrasi, mengeluarkan dahak dan membersihkan dahak.

Selain air putih, cobalah teh hangat dan sup untuk mengobati suara serak. Jika suara Anda serak, selalu hindari minuman berkafein. Karena kafein dapat menyebabkan dehidrasi.

Pertahankan kelembapan

Menghirup udara kering dapat mengiritasi tenggorokan dan akhirnya menyebabkan radang pita suara. Memasang pelembab udara atau humidifier dapat membantu membersihkan lendir dari tenggorokan Anda.
Jika Anda tidak memilikinya, cukup duduk di kamar mandi dan nyalakan air hangat yang mengalir dan hirup uap yang keluar. Uap panas dapat menenangkan tenggorokan dan membantu menghilangkan suara serak.

Permen pelega tenggorokan

Permen pelega tenggorokan dapat melembapkan tenggorokan, meredakan nyeri dan mengurangi batuk. Pilih pelega tenggorokan yang mengandung bahan alami, seperti madu atau teh hijau.

Jika suara serak tetap ada meskipun cara-cara menghilangkan suara serak di atas sudah dilakukan, periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Bisa jadi, ada penyakit lain yang menyebabkan Anda memiliki suara serak.

Yuk Para Remaja, Wajib Konsumsi Makanan Sehat Sekarang


Remaja masih dalam masa pertumbuhan. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberinya makanan yang sehat dan seimbang untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Sayangnya, beberapa orang tidak mengetahui seperti apa pola makan sehat untuk remaja. Makanan yang tidak sehat, seperti gorengan, junk food, makanan berlemak, makanan pedas dan minuman manis seringkali disukai oleh remaja.

Makanan sehat untuk remaja

Pola makan sehat bagi remaja ditujukan untuk mencapai pertumbuhan yang sesuai dan menjaga kesehatannya setiap saat. Beberapa zat gizi diperlukan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan remaja. Berikut beberapa tips makan sehat untuk remaja yang bisa Anda terapkan pada anak Anda.

Makan tiga kali sehari

Beberapa remaja sering melewatkan sarapan atau makan malam. Sedangkan remaja dengan pola makan sehat dianjurkan makan tiga kali sehari yaitu sarapan, makan siang dan makan malam untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Selain memastikan anak remaja Anda makan tiga kali sehari, Anda juga bisa memberinya camilan sehat seperti buah-buahan, sayuran, cokelat hitam, smoothie, yogurt, atau keju cottage. Anda harus pintar-pintar membuat makanan dan jajanan sehat untuk remaja agar tidak mudah bosan.

Makan makanan bergizi seimbang

Diet sehat untuk remaja idealnya mencakup diet seimbang dan bergizi. Remaja harus makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan susu skim atau susu bebas lemak.

Hindari asupan yang tidak sehat

Pola makan sehat untuk remaja juga mencakup pembatasan konsumsi makanan cepat saji, makanan olahan, makanan dengan tambahan gula, makanan yang mengandung lemak tidak sehat, dan makanan yang terlalu tinggi garam. Misalnya permen, keripik, kerupik, kue kering, burger dan minuman ringan. Makan terlalu banyak makanan ini dapat meningkatkan risiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

Makan dalam porsi yang cukup

Tips diet untuk remaja yang tidak kalah penting adalah memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi. Makan terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas, sementara terlalu sedikit dapat menyebabkan kekurangan gizi. Jadi pastikan remaja makan dalam porsi yang cukup.

Minum banyak air

Tidak hanya makanan, asupan cairan juga harus diperhatikan dalam pola makan sehat remaja. Berbagai aktivitas yang dilakukan dapat menyebabkan remaja lupa minum air putih. Hal ini tentunya harus dihindari.

Pastikan remaja minum cukup air dengan membawa botol minum sendiri ke sekolah atau kegiatan lainnya. Selain itu, remaja juga bisa mengonsumsi susu skim yang kaya akan kalsium karena baik untuk perkembangan tulang.

Hindari minuman dengan tambahan gula terlalu sering karena dapat membahayakan kesehatan Anda.