Buaya dan Aligator Tidak Sama Loh ! Ini Perbedaannya


Anda pasti sudah sering melihat hewan bergigi tajam ini, baik di televisi maupun di kehidupan nyata. Buaya (crocodile), merupakan salah satu predator daging di darat dan air. Namun, tahukah Anda perbedaan aligator dan buaya? Mungkin sebagian besar dari Anda menganggapnya sama, tetapi ada beberapa perbedaan yang membuatnya unik.

Perbedaan Aligator dan Buaya

Bahkan tidak sedikit yang masih menganggap bahwa aligator hanyalah nama lain dari buaya. Ini sebenarnya berbeda. Walaupun kedua hewan ini sangat mirip, namun jika diperhatikan lebih dekat, keduanya memiliki beberapa perbedaan baik dalam perilaku maupun bentuk fisiknya. Mari kita lihat perbedaan antara buaya dan aligator:

Susunan gigi yang berbeda

Lihat saja, perbedaannya ada pada bentuk giginya, terutama saat mulutnya tertutup. Buaya tidak memiliki gigi yang terlihat ketika mereka menutup mulutnya. Pada buaya, ketika mereka menutup mulutnya, bagian bawah giginya (biasanya berjumlah empat) akan terlihat ketika buaya menutup mulutnya.

Ukuran tubuhnya juga berbeda

Selain gigi, ada perbedaan lain dalam ukuran tubuh. Untuk buaya dewasa, panjang tubuhnya hanya bisa mencapai empat meter. Sedangkan ukuran tubuh buaya bisa melebihi lima meter. Wow, seberapa besar buaya ini.

Bentuk moncongnya

Perbedaan aligator dan buaya terletak pada bentuk moncongnya. Jika diperhatikan lebih dekat, bentuk moncong keduanya sedikit berbeda. Bentuk moncong buaya menyerupai huruf V dan lebih sempit dari pada buaya berbentuk U dan lebih lebar.

Warnanya tidak sama

Warna kulit mereka juga berbeda. Jika buaya biasanya memiliki kulit berwarna coklat muda yang agak terang atau memiliki warna zaitun. Sedangkan aligator biasanya memiliki kulit berwarna abu-abu yang sebagian besar berwarna hitam biasanya tergantung dari habitat aligator itu sendiri.

Gerakan buaya biasanya lebih cepat

Meski keduanya bisa bergerak cepat saat berlari di darat, ada perbedaan di antara keduanya. Buaya dapat bergerak dengan kecepatan maksimum 18 km/jam. Sedangkan buaya hanya bisa mencapai 14 km/jam.

Aligator tidak hanya unggul di darat, tetapi mereka juga unggul dalam berenang di air dengan kecepatan hingga 20 mph. Sedangkan buaya hanya bisa berenang dengan kecepatan hingga 15 km/jam.

Buaya cenderung lebih agresif

Buaya jauh lebih temperamental daripada buaya. Buaya juga memiliki sikap sering menyerang orang, meskipun tidak diganggu atau diprovokasi. Berbeda dengan aligator yang biasanya kembali ke air saat melihat manusia muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *