Ternyata Ini Efek Dan Cara Menghilangkan Pengaruh Dari Kopi


Bagi yang suka minum kopi, pasti akan mengalami kesulitan untuk tidur. Tentunya ini bisa berdampak buruk nagi kegiatan Anda di esok hari. Bagi Anda yang ingin terus minum kopi, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara menghilangkan efek kopi agar kualitas tidur Anda tetap terjaga.

Efek Setelah Minum Kopi

Kopi adalah minuman yang diseduh dari biji kopi yang kaya akan kafein. Kafein adalah senyawa psikoaktif alami yang ditemukan di banyak tanaman, seperti biji kopi, kakao, daun teh, dan kacang kola. Setelah minum kopi atau minuman berkafein, ada beberapa efek yang bisa Anda rasakan, yaitu:

Peningkatan Energi

Kafein dikenal dapat meningkatkan kewaspadaan dan memberikan energi. Setelah minum kopi, kafein diserap dan didistribusikan ke seluruh tubuh, termasuk ke otak melalui pembuluh darah. Di otak, kafein memblokir reseptor adenosin. Adenosin adalah hormon yang membuat Anda mengantuk dan ingin segera tidur.

Menjadi Sulit Tidur

Sebuah studi dalam jurnal kesehatan juga menyatakan bahwa kafein bisa membuat jantung kita berpacu lebih cepat atau sering disebut dengan ritme sirkadian. Ritme ini merupakan pola fisiologis tubuh selama periode 24 jam, seperti kebiasaan dari tidur dan bangun.

Sering Buang Air Kecil

Konsumsi kopi yang rutin juga bisa menyebabkan Anda akan merasa sering ingin membuang air kecil. Hal ini karena efek yang ada pada kafein membuat tubuh memproduksi lebih banyak urin. Dalam dosis tinggi, kafein memiliki efek diuretik yang dapat mempengaruhi ginjal.

Efek Lainnya

Minum terlalu banyak kopi juga diketahui menyebabkan beberapa efek samping lain seperti peningkatan detak jantung, pusing, gugup dan gemetar.

Menghilangkan Efek Dari Kopi

Bagi sebagian orang, manfaat kopi tidak hanya membantu menjalani hari, tetapi menjadikan bagian dari gaya hidup dan bahkan mengonsumsinya di tempat kerja. Ini lah cara untuk menghilangkannya :

Minum Kopi Sebelum Tengah Hari

Karena efek kafein bisa bertahan selama 4-6 jam setelah diserap tubuh, Anda bisa mencoba minum kopi lebih awal agar tidur Anda tidak terganggu. Anda dapat minum kopi di pagi hari atau memberikan rencana waktu tidur pukul 8-10 pagi.

Minum Kopi Habis Makan

Efek samping kopi dan kafein juga dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti refluks asam. Jadi, jangan minum kopi saat perut kosong. Hal ini dapat membuat perut Anda tidak nyaman dan bahkan meningkatkan risiko penyakit perut.

Minum Air Yang Cukup

Air putih memiliki peran yang penting untuk menetralisir efek dari kafein pada kopi. Pasalnya, efek kafein bisa meningkat saat tubuh mengalami dehidrasi atau dehidrasi. Oleh karena itu, meningkatkan hidrasi tubuh bisa menjadi cara cepat untuk menghilangkan efek kopi agar tidur Anda tidak terganggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *