Yuk Para Remaja, Wajib Konsumsi Makanan Sehat Sekarang


Remaja masih dalam masa pertumbuhan. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberinya makanan yang sehat dan seimbang untuk memaksimalkan pertumbuhannya. Sayangnya, beberapa orang tidak mengetahui seperti apa pola makan sehat untuk remaja. Makanan yang tidak sehat, seperti gorengan, junk food, makanan berlemak, makanan pedas dan minuman manis seringkali disukai oleh remaja.

Makanan sehat untuk remaja

Pola makan sehat bagi remaja ditujukan untuk mencapai pertumbuhan yang sesuai dan menjaga kesehatannya setiap saat. Beberapa zat gizi diperlukan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan remaja. Berikut beberapa tips makan sehat untuk remaja yang bisa Anda terapkan pada anak Anda.

Makan tiga kali sehari

Beberapa remaja sering melewatkan sarapan atau makan malam. Sedangkan remaja dengan pola makan sehat dianjurkan makan tiga kali sehari yaitu sarapan, makan siang dan makan malam untuk memenuhi kebutuhan gizinya.

Selain memastikan anak remaja Anda makan tiga kali sehari, Anda juga bisa memberinya camilan sehat seperti buah-buahan, sayuran, cokelat hitam, smoothie, yogurt, atau keju cottage. Anda harus pintar-pintar membuat makanan dan jajanan sehat untuk remaja agar tidak mudah bosan.

Makan makanan bergizi seimbang

Diet sehat untuk remaja idealnya mencakup diet seimbang dan bergizi. Remaja harus makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein tanpa lemak, dan susu skim atau susu bebas lemak.

Hindari asupan yang tidak sehat

Pola makan sehat untuk remaja juga mencakup pembatasan konsumsi makanan cepat saji, makanan olahan, makanan dengan tambahan gula, makanan yang mengandung lemak tidak sehat, dan makanan yang terlalu tinggi garam. Misalnya permen, keripik, kerupik, kue kering, burger dan minuman ringan. Makan terlalu banyak makanan ini dapat meningkatkan risiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

Makan dalam porsi yang cukup

Tips diet untuk remaja yang tidak kalah penting adalah memperhatikan porsi makanan yang dikonsumsi. Makan terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas, sementara terlalu sedikit dapat menyebabkan kekurangan gizi. Jadi pastikan remaja makan dalam porsi yang cukup.

Minum banyak air

Tidak hanya makanan, asupan cairan juga harus diperhatikan dalam pola makan sehat remaja. Berbagai aktivitas yang dilakukan dapat menyebabkan remaja lupa minum air putih. Hal ini tentunya harus dihindari.

Pastikan remaja minum cukup air dengan membawa botol minum sendiri ke sekolah atau kegiatan lainnya. Selain itu, remaja juga bisa mengonsumsi susu skim yang kaya akan kalsium karena baik untuk perkembangan tulang.

Hindari minuman dengan tambahan gula terlalu sering karena dapat membahayakan kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *